Serba - serbi Undangan Pernikahan di Era New Normal

Serba - serbi Undangan Pernikahan di Era New Normal
Disaranakan Konsep Pernikahan Outdoor di Era New Normal 

Memosaqee ( 06/11 ) Melangsungkan pernikahan dan merayakannya dengan semua anggota keluarga apalagi didatangi oleh para kolega juga sahabat - sahabat istemewa tentunya adalah momen paling Indah.

Namun, apakah bisa terwujud di era new normal saat ini? Melangsungkan pernikahan dan mengundang banyak orang special hadir dalam undangan pernikahan saat era new normal.

 Semua itu tegantung dari bagaimana kita merayakannya, apakah memenuhi syarat dan prosedur pernikahan di saat era new normal?

Bagi anda yang ingin melangsungkan penikahan di era new normal, mari kita simak serba-serbi undangan Pernikahan di Era New Normal, mulai dari syarat, prosedur, persiapan dan penanganan penanggulangan serta Force Majeure saat melangsungkan pernikahan di era new normal.

  1. Syarat Melangsungkan undangan pernikahan di Era New Normal
  2. Prosedur Melangsungkan undangan pernikahan di Era New Normal
  3. Persiapan Melangsungkan undangan pernikahan di Era New Normal
  4. Penanganan Penanggulanagan Melangsungkan undangan pernikahan di Era New Normal
  5. Force Majeure Melangsungkan undangan pernikahan di Era New Normal

Syarat Melangsungkan undangan pernikahan di Era New Normal
Apabila situasi memungkinkan untuk melangsungkan undangan pernikahan di era new normal, maka alangkah baiknya anda dengan pasangan anda mulai mencari tau syarat untuk melangsungkan undangan pernikahan di era new normal.
Nah, apa saja syarat melangsungkan undangan pernikahan di era new normal. Berikut syarat melangsungkan undangan pernikahan di era new normal, diantaranya :
  1. Sterilisasi Tempat Undangan sebelum Pelaksanaan
    Hal ini dianjurkan untuk melakukan pencegahan penularan segala bentuk virus berbahaya, bukan hanya wabah Covid-19 saja, melainkan virus berbahaya lainnya. Di Kehidupan Normal pun hal ini biasa dilakukan, contohnya membersihkan area sekita tempat pelaksaan pernikahan.
    Dan di saat era new normal pun dilakukan hal yang serupa, bahkan sampai dilakukan desinfektasi apabila diperlukan di setiap tempat-tempat yang nantinya akan digunakan oleh para tamu undangan serta pengantin dan juga keluarga.
  2. Membatasi Jumlah Undangan
    Pembatasan jumlah tamu undangan menjadi hal yang disyaratkan disaat melangsungkan undangan pernikahan di era new normal, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya resiko yang ditimbulkan akibat bahaya dari wabah penyakit infeksi covid-19.
    Hal yang bisa dilakukan dengan membuat undangan secara ekslusif, dan menghadirkan tamu undangan yang memliki kekebalan imunitas tubuh yang kuat dan tidak berisiko juga tidak lemah terhadap virus berbahaya yang kita tidak tahu keberadaanya.
  3. Sebisa mungkin Undangan ditempatkan di ruangan terbuka,
    Salah satu syarat ini menjadi yang paling dijadikan inspirasi pernikahan kalau  menurut saya, anda bisa menggunakan ide pernikahan secara outdoor dengan konsep yang anda inginkan, dan hal ini bisa membuat anda lebih berkesan, karena fakta di Indonesia kebanyakan undangan pernikahan selalu berada di dalam ruangan, mash mending kalau ruangannya adem, nah ini, ac gak ada, yang ada malah panas aja, dan di era new normal in, pelaksanaan undangan pernikahan di dalam ruangan tidak disarankan, baik oleh kementrian kesehatan atau pun oleh WHO.
    Melangsungkan undangan pernikahan di luar ruangan secara outdoor menjadi rekomendasi bagi anda dan sudah dijadikan syarat, hal ini karena resiko terpapar wabah pandemi covid-19 menjadi semakin kecil.
  4. Semua Undangan mematuhi Protokol Kesehatan
    Mematuhi protokol kesehatan ini menjadi salah satu syarat yang wajib hukumnya, mnggunakan masker, menjaga jarak, mengantri saat masuk ke ruangan, atau lokasi pernikahan out door. Cuci tangan sebelm dan sesudah dari undangan pernikahan. Menggunakan sanitizer, serta menggunakan sarung tangan steril.
  5. Memperhatikan Batas Usia Undangan
    Batas usia para tamu undangan harus diperhatikan, anak - anak dan orang tua lansia harus dikurangi bahkan kalau bisa memberikan kesempatan berkunjung dilain waktu untuk mengucapkan pernikahan anda dan pasangan, ada juga ide untuk melangsungkan live pernikahan bagi para tam undangan yang maih anak- anak, terutama para orang tua lansia yang memiliki tingkat resiko paling rentan tepapar penyakit wabah pandemi covid-19 ini.
Prosedur Melangsungkan undangan pernikahan di Era New Normal
Ada syarat dan prosedur, prosedur apakah yang bisa diterapkan untuk bisa melangsungkan undangan pernikahan di era new normal.
Anda dan pasangan bisa menerapkan prosedur yang dapat digunakan untuk tetap bisa melangsungkan pernikahan, dalam melangsungkan undangan pernikahan di era new normal, anda harus menyiapkan prosedur berikut ini :
Prosedur undangan Pernikahan di Era New Normal, diantaranya adalah :
  1. Undangan Pernikahan Berisikan Tanggal dan Lokasi Pernikahan ditambah Rules dan Kewajiban Tamu undangan untuk menggunakan ProKes Kit.
    Dalam undangan yang disebarkan, harus dipastikan terdapat rule kewajiban para tamu untuk menggunakan ProKes Kit ( Protokol Keshatan Kit ) telah tertulis secara jelas, biasanya di dalam undangan tertuliskan, tanggal dan lokasi akan dilangsungkannya pernikahanjuga lain sebagainya, dan di era new normal ini, harus wajib ditambahkan rule kewajiban para tamu undangan untuk membawa Prokes Kit, seperti menggunakan Masker atau Face shield, mencuci tangan, membawa dan menggunakan handsanitizer. 
  2. Menjalankan Protokol Kesehatan
    Mungkin akan terlihat berbeda saat undangan pernikahan di era new normal ini dilakukan, anda akan memiliki crew yang bertugas di depan gerbang masuk para tamu undangan untuk mnertibkan para tamu undangan, mengatur masuk agar antri, menyediakan symbol, sign tanda jaga jarak minimal 1 meter, melakukan pengecekan suhu tubuh kepada selruh tamu yang hadir termasuk seluruh cew yang bertugas.
  3. Mengatur Sajian Makanan Para Tamu Undangan
    Pengaturaan ini bertujuan untuk meminimalisir terkontaminasinya virus, anda bisa menyediakan Koki Khusus penyaji makanan untuk paa tamu undangan dan memberinya sarung tangan. 
  4. Jam Kehadiran Tamu Undangan Diberlakukan Partisi Time 
    Prosedur ini untuk mengatur agar tidak terjadinya lonjakan tamu undangan yang hadir dan menghindari kerumunan, bisa mengaturnya di luar ruangan sebelum masuk ke dalam lokasi pesta pernikahan. Misalnya, jam pertama dari jam 10:00 sampai dengan jam 12:00 terdapat beberapa jumlah tamu, dan disambung lagi jam 12:00 sampai jam 14:00 begitu seterusnya, juga mengarahkan tamu tidak berkrumun dan bergegas meninggalkan lokasi pernikahan dengan cara yang bijak agar tidak menimbulkan kesan mengusir.
Persiapan Melangsungkan undangan pernikahan di Era New Normal
Melangsungkan undangan pernikahan di era new normal akan berbeda dengan melangsungkan pernikahan di masa lalu saat hidup normal.
Persiapan pernikahan yang utama masih tetap seperti biasa saja, namuan sekarang anda dan pasangan harus mempersiapkan secara matang untuk dapat bisa melangsungkan undangan pernikahan di era new normal.
Ada apa saja persiapan yang harus dilaksanakan selain dari Persiapan pernikahan pada umumnya di hidup normal? Ini dia perisapannya:
  1. Crew Disiplin Protokol Kesehatan
    Crew ini menjadi garda depan dalam mengatur dan menjaring tamu undangan yang masuk, tugas mereka fokus dalam melakukan disiplin Protokl Kesetahan.
  2. Crew Wedding Organizer
    Crew wedding bekerja seperti biasanya namun, mereka akan lebih mengurangi kontak dengan pengantin, baik keluarga atau tamu undangan, mereka tidak diperkenankan untuk tidak terlalu lama berkumpul dalam koordinasi di lokasi.
Penanganan Penanggulanagan Melangsungkan undangan pernikahan di Era New Normal
Sedikit berbeda terkait Penanganan Penanggulangan Melangsungkan pernikahan undangan pernikahan di era new normal, Penanganan ini merupakan tugas khusus dari dinas kesehatan terkait dalam memonitoring pelaksanaan undangan pernikahan berlangsung. Bagaimana cara kerjjanya dan penerapannya disaat undangan pernikahan berlangsung?
Akan ada Call tree/ Komunikasi secara khusus antara Crew Disiplin Protokol Kesehatan, Crew WO dan Keluarga dengan petugas khusus dari dinas kesehatan. Mereka ini akan memantau terus, memonitoring interaksi dan mencatat histori setiap tamu yang hadir, pencatatan ini dilakukan oleh crew protokol kesehatan, melaporkan ke dinas untuk meminta konfirmasi, salah satu contoh pnerapannya adalah, apabila ada tamu undangan dari kalangan dokter, perawat atau pasien yang pernah kontak dengan yang positif covid, cre prokes ini akan meiinta saran dari dinas kesehatan untuk diberikan arahan. Hal ini dilakukan agar tidak berbuat semena - mena untuk melangsungkan undangan pernikahan di era new normal.
Force Majeure Melangsungkan undangan pernikahan di Era New Normal
Kita sama sekali tidak pernah tahu akan akibat yang dtimbulkan saat melangsungkan undangan pernikahan di era new normal. Apabila terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan dan diluar dari kemampuan serta prediksi kita, istilahnya Force Majeure yang berakhir bahwa telah terjadi bencana baik itu bencana alam, atau pun terdapat konfirmasi ada tamu undanganyang dinyatakan OTG dan ada beberapa yang terkonfirmasi positif, sama sekali kita tidak bisa menduganya. Terpaksa, semua tamu undangan yang pernah hadir akandiistruksikanuntuk mengisolasi diri secara mandiriata apabila perlu akan ditindak secara medis oleh tim medis perawat kesehatan.
Serba - serbi Undangan Pernikahan di Era New Normal
Inspirasi Wedding - Konsep Wedding Era New Normal

Nah, banyak sekali kan yang harus dipertimbangkan?
Artikel ini sengaja dibuat secara khusus bagi anda yang hendak melangsungkan undangan pernikahan agar bisa menjalankannya sesuai yang dianjurkan oleh pemerintah kita untuk mencegah penyebaran wabah virus berbahaya dari Covd-19.
Dan artikel ini menjadi kampanyeu akan betapa pentingnya mempertimbangkan dan memikirkan secara matang dalam melangsungkan undangan pernikahan di era new normal.

Harap saya, semga yang melangsungkan undangan pernikahan, diberikan kelancaran dan kesehatan selalu, pernikahannya langgeng, sakinah, ma waddah wa rahmah.

Jangan lupa apabila artikel ini bermanfaat, maka jangan berhenti untuk share kepada yang lainnya yah.
Salam Memosaqee.com Sehat Itu Utama, 

0 Response to "Serba - serbi Undangan Pernikahan di Era New Normal"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.