Panduan Menjalani New Normal saat Pandemi Covid-19

 

New Normal saat Pandemi

New normal atau tatanan kehidupan baru adalah perubahanan kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru yang dapat mengurangi dampak buruk dari situasi pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan dalam setiap beraktivitas. Tujuan dari adanya new normal ini agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan virus korona.

Pemerintah mengambil keputusan ini karena melihat keadaan di bidang kesehatan dan ekonomi yang semakin memburuk akibat situasi krisis global. Mau tidak mau sektor kesehatan dan ekonomi harus berjalan beriringan untuk menciptakan stabilitas dalam sebuah negara.

Maka lahirlah new normal, diharapkan masyarakat dapat beraktivitas dan tetap produktif selama pandemi untuk menjalankan roda-roda perekonomian namun tetap tidak abai untuk menerapkan protokol kesehatan yang wajib dipatuhi oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Pada awal pandemi Covid-19 melanda, hampir semua orang mengalami kesulitan untuk menjalankan kehidupan normal akibat adanya regulasi pembatasan sosial yang diterbitkan oleh pemerintah daerah guna mencegah penyebaran virus korona. Kendati demikian, adanya pembatasan sosial malah membuat sektor ekonomi mengalami kemerosotan dan penurunan.

Melihat kenyataan pahit tersebut akhirnya pemerintah menganjurkan masyarakat untuk mulai beraktivitas seperti biasa tentunya sambil menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan untuk menangani penyebaran virus.

Berikut panduan menjalani new normal saat pandemi Covid-19.

Pertama. Di era new normal kita memiliki kelonggaran melakukan aktivitas di luar rumah, beberapa panduan untuk keluar rumah di era new normal adalah dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, disarankan untuk tidak keluar rumah saat kondisi tubuh sedang tidak sehat, dan jika keperluan di luar rumah segeralah kembali ke rumah. Sesampainya di rumah jangna lupa untuk mencuci tangan dengan sabun, lepaskan pakaian yang dikenakan dan segera masukkan ke tempat cucian, segera mandi membersihkan diri dan berganti pakaian yang bersih sebelum berkumpul kembali dengan keluarga.

Kedua. Saat menggunakan transportasi umum  terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan selain menerapkan protokol kesehatan bawalah selalu hand sanitizer. Pastikan tangan tidak menyentuh area wajah sebelum dibersihkan, kurangi interaksi dengan orang lain dan jaga jarak aman setidaknya satu meter dengan penumpang lainnya.

Ketiga. Saat bekerja di kantor biasanya perkantora memiliki regulasi yang ketat dan sudah sesuai dengan penerapan protokol kesehatan seperti membatasi kapasistas karyawan atau pekerja sebanyak 50%, terlepas dari itu pastikan untuk menjaga jarak aman dengan pekerja lainnya saat bekerja, usahakan sirkulasi udara di perkantoran bekerja dengan baik, bawalah bekal makan dari rumah dan untuk sementara kurangi makan di kantin, jika keadaan tubuh sedang tidak sehat jangan memaksakan untuk berangkat bekerja, bekerjalan dari rumah terlebih dahulu untuk beberapa waktu sampai keadaan membaik.

Keempat. Ketika membutuhkan layanan kesehatan utamakan untuk berkonsultasi dengan dokter secara daring atau online, karena sekarang sudah banyak aplikasi yang memudahkan seseorang untuk menghubungi atau berkonsultasi dengan dokter walaupun tidak bertemu secara langsung. Jika memerlukan penanganan atau pemeriksaan dengan dokter pastikan untuk melakukan janji temu dengan dokter yang bersangkutan, dan jangan memaksakan diri untuk keluar rumah saat kondisi sedang tidak sehat.

Itulah tadi beberapa panduan penerapan new normal pada masa pandemi. Meskipun sudah memasuki era new normal, bukan berarti kita telah terbebas dari Covid-19 dan tidak ada lagi ancaman dari virus tersebut, kita harus tetap waspada dan berhati-hati, jaga kesehatan tubuh dengan berolahraga dan memerhatikan asupan nutrisi dan cairan, dan yang paling penting adalah menerapkan pola hidup sehat agar sistem imun dalam tubuh dapat bekerja dengan baik.

0 Response to "Panduan Menjalani New Normal saat Pandemi Covid-19"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.