New Normal Gaya Hidup Baru Masyarakat Dunia

 

Gaya Hidp Baru New Normal

Kehadiran Covid-19 membawa dampak buruk yang sangat signifikan di berbagai negara di seluruh dunia terutama pada bidang kesehatan dan ekonomi. Situasi pandemi global ini memukul jatuh banyak negara karena memang tidak ada satu pun negara yang siap menghadapi situasi krisis yang diakibatkan oleh virus korona.

Kasus kematian akibat Covid-19 yang jumlahnya terus bertambah, begitupun kasus positif yang terus meningkat membuat pemerintah semakin gencar melakukan upaya-upaya terbaik guna memutus mata rantai penyebaran virus korona, termasuk dengan masifnya tes yang dilakukan oleh pemerintah dengan harapan virus korona dapat terdeteksi dengan cepat sebelum sempat ditularkan kepada orang lain.

Seperti pedang bermata dua, situasi pandemi akibat Covid-19 bukan hanya menyebabkan dunia mengalami krisis kesehatan dunia melainkan juga berdampak pada kelangsungan dan keseimbangan ekonomi sebuah negara. Tidak sedikit negara yang mengalami kemerosotan hingga resesi ekonomi akibat situasi pandemi yang melanda dunia saat ini.

Berangkat dari dua kepentingan yang mendesak tersebut, maka hadirlah istilah new normal atau tatanan kehidupan baru yang menghindari dampak buruk Covid-19 secara berkelanjutan pada sektor kesehatan dan ekonomi.

New normal mengatur pola hidup masyarakat dan mengubah perilaku lama menjadi sebuah kebiasaan baru yang dapat mendukung upaya mencegah serta melawan penyebaran virus korona yakni dengan menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi keurmunan, dan senantiasa menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.

Masyarakat harus memahami makna istilah new normal dengan baik dan benar agar tidak gagal paham dalam mengartikannya, new normal bukan berarti situasi sudah kembali normal seperti sedia kala sebelum situasi pandemi ini terjadi. Namun new normal merupakan fase dimana masyarakat mengubah kebiasaan lama dengan kebiasaan baru yang telah diatur untuk menciptakan suasana aman di tengah pandemi. Masyarakat diharapkan tetap beraktivitas untuk menggerakkan roda-roda perekonomian dan tetap produktif namun tetap dengan kewajiban menerapkan protokol kesehatan.

Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa prinsip new normal ini berporos pada tiga hal penting yang dapat menjadi jalan keluar terhadap permasalahan atau dampak buruk yang diakibatkan oleh kehadiran Covid-19.

Pertama, tetap menjadikan penanganan Covid-19 sebagai prioritas dengan terus memperbaiki berbagai mekanisme dan kekurangan yang ditemui.  Pemerintah diharap mampu memperluas pengetesan berbasis Polymerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksi secara cepat persebaran virus dan cepat pula dalam menanganinya.

Kedua, Kedisiplinan setiap individu falam menerapkan protokol kesehatan guna melakukan pencegahan penularan Covid-19 seperti memakai masker, cuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak aman, menjauhi kerumunan dan tempat-tempat yang rawan penyebaran Covid-19, dan adanya peraturan atau regulasi yang jelas dari pemerintah untuk penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat umum.

Ketiga, secara bertahap dan penuh kehati-hatian pemerintah sebaiknya membuka sektor ekonomi  untuk meningkatkan produktivitas ekonomi lokal, mengingat tidak adanya kepastian kapan pandemi ini usai, maka roda-roda perekonomian tidak bisa diam saja, harus ada aktivitas yang bergerak di sana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dengan ketiga poros tersebut diharapkan kehidupan masyarakat di masa pandemi ini akan berangsur-angsur membaik, ketiga poros tersebut menciptakan keseimbangan bagi penanganan di bidang kesehatan maupun ekonomi. Keduanya bisa berjalan bersamaan dan tidak dibeda-bedakan.

Penerapan new normal atau tatanan kehidupan baru haruslah menjadi kesadaran bagi masyarakat bukan hanya sekedar kepatuhan karena kebijakan pemerintah, new normal haruslah menjadi sebuah kebutuhan masyarakat sehingga melahirkan kepedulian terhadap diri sendiri dan juga orang lain.

Masyarakat berperan penting dalam upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19. Kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan era kebiasaan baru sangatlah menentukan dan dapat membantu kita semua lolos dari dampak buruk yang ditimbulkan oleh Covid-19. Sikap atau perilaku mematuhi protokol kesehatan adalah bentuk kesadaran dan kepedulian terhadap sesama manusia.

0 Response to "New Normal Gaya Hidup Baru Masyarakat Dunia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.