Penting - Kenali Fungsi Vitamin Bagi Tubuh di Era New Normal

Penting - Kenali Fungsi Vitamin Bagi Tubuh di Era New Normal
Ilustrasi Vitamin dalam Bentuk Tablet
Memosaqee - ( 02/11 ) Di Era New Normal saat ini, dan di penghujung akhir tahun 2020, Kita masih dalam keadaan Pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Terus terang, saya pribadi masih sangat khawatir dengan kondisi dan keadaan saat ini, dimana kemana pun saya pergi selalu dihantui rasa cemas akan terpapar Virus Covid-19.

dari berbagai artikel kesehatan yang saya baca, dan yang saya pahami adalah, dalam menghadapi situasi saat ini adalah dengan tubuh yang sehat, yang akan kebal dengan paparan virus berbahayamlainnya.

Salah satu yang saya pahami adalah dengan cara kita mengenali Fungsi vitamin agar tubuh kita kuat menahan virus di saat New Normal ini.
Fungsi Vitamin akan Optimal Bekerja dalam Tubuh kita ketika dikonsumsi dengan dosis yang Sesuai yang dianjurkan Dokter/ Ahli

Dari kutipan diatas, saya sudah mendapatkan sesuatu yang penting menurut saya terkait mengenal Fungsi Vitamin, yakni Konsumsilah Vitamin sesuai yang dianjurkan oleh Dokter atau Ahli Gizi.

Fungsi vitamin sangat beragam, demikian pula Jenis dan Manfaatnya

Kutipan yang kedua adalah tentang mengetahui jenis-jenis dan fungsi vitamin termasuk hal penting lainnya. Ketahuilah bahwa tubuh manusia seperti kita ini tidak dapat memproduksi vitamin secara cukup, apalagi disaat ancaman terpapar virus berbahay di luar sana yang menyerah kekebalan tubuh kita.

Nah, jadi untuk mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh anda di era new normal saat ini, Anda harus mendapatkannya dari luar tubuh. Yups, menambahkan suplemen makanan untuk kita konsumsi sesuai yang dianjurkan yah.
Perlu anda ketahui bahwa setiap vitamin akan memiliki fungsi yang berbeda dalam tubuh kita, dan jenisnya pun beragam tentunya. Yang paling penting harus anda tau di saat era new normal saat ini adalah Vitamin yang berfungsi mempertahankan imunitas. Selain itu, fungsi vitamin juga dapat  menjaga kesehatan mata, mempertahankan kesehatan tulang, dan banyak lagi.
Nah, selain dari atas yang harus anda ketahui juga adalah mengenai kelompok dari Vitamin itu sendiri, terdapat Vitamin larut dalam lemak vs vitamin larut dalam air.

Kedua kelompok vitamin, yaitu yang larut dalam lemak dan yang larut dalam air.
  • Vitamin yang larut dalam lemak diantaranya adalah vitamin A, D, E, dan K. Agar bisa bertahan dalam tubuh dan penyerapan Vitamin menjadi lebih baik lagi makan vitamin yang larut dalam lemak ini bisa dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang berlemak. ( Tentunya sesuai anjuran ) Dan ketahuilah, vitamin ini bisa bertahan berbulan - bulan lamanya, namun juga tentunya merugikan bagi kesehatan anda bisa dikonsumsi dengan kadar lemak berlebih, maka dari itu selalu awasi anjuran dalam mengkonsumsi Vitamin.
  • Vitamin yang larut dalam air, Vitamin ini akan mudah larut dan dibuang oleh tubuh anda karena penyerapannya yang larut begitu saja dengan air dalam tubuh anda. Hal ini sangat diperlukan bagi tubuh anda untuk menjaga metabolisme tetap aman. Karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin larut dalam air secara teratur dan disiplin sesuai anjuran dokter yah. Apa saja vitamin yang larut dalam air, salah satunya adalah Vitamin C dan B kompleks merupakan contoh vitamin larut dalam air.
Kenali Fungsi vitamin berdasarkan ragam jenisnya yang bisa anda manfaatkan untuk meningkatykan imunitas di era new norma ini, diantaranya Ada 13 vitamin penting yang sebaiknya Anda penuhi setiap hari agar bisa menjaga tubuh tetap Sehat, yaitu :
  1. Vitamin A (retinol) Vitamin A berfungsi memelihara kesehatan gigi, tulang, jaringan lunak, dan kulit. Vitamin ini dapat anda peroleh dari wortel, brokoli, kangkung, bayam, ubi jalar, labu, keju, telur, hati, minyak ikan cod, blewah, aprikot, serta susu.
  2. Vitamin B (thiamine)Vitamin B dapat membantu tubuh dalam mengolah karbohidrat menjadi energi, serta berperan dalam fungsi jantung. Anda bisa mendapatkannya dari hati, beras merah, gandum, biji bunga matahari, asparagus, kale, kembang kol, kentang, jeruk, dan telur.
  3. Vitamin B2 (riboflavin) Fungsi vitamin B2 adalah membantu pertumbuhan tubuh dan memproduksi sel-sel darah merah. Vitamin ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi susu, daging, telur, ikan, yoghurt, pisang, asparagus, serta buncis. 
  4. Vitamin B3 (niacin) Vitamin B3 membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan saraf. Dalam dosis tinggi, vitamin ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Namun penggunaannya dalam dosis tinggi harus dengan dosis dokter. Anda bisa mendapatkan vitamin B3 dari daging ayam, daging sapi, tuna, salmon, susu, telur, brokoli, kacang-kacangan, biji-bijian utuh, wortel, tomat, jamur, kurma, serta alpukat.
  5. Vitamin B5 (asam pantotenat) Vitamin B5 dapat melancarkan proses metabolisme tubuh, serta memproduksi hormon dan kolesterol. Untuk mendapatkan vitamin ini, Anda bisa mengonsumsi brokoli, alpukat, daging-dagingan, gandum utuh, dan royal jelly.
  6. Vitamin B6 (pyridoxine) Vitamin B6 berfungsi menjaga fungsi otak dan memproduksi sel darah merah. Sumber vitamin ini meliputi daging-dagingan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, gandum utuh, serta pisang.
  7. Vitamin B7 (biotin) Fungsi vitamin B7 adalah untuk membantu penyerapan protein dan karbohidrat, serta membentuk hormon dan kolesterol. Guna memenuhi kebutuhan vitamin ini, Anda bisa mengonsumsi kuning telur, hati, buncis, kacang polong, lentil, wortel, kembang kol, jamur, dan biji bunga matahari.
  8. Vitamin B9 (asam folat) Siapa yang tak kenal dengan asam folat? Vitamin ini berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan produksi DNA. Karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsinya agar janin berkembang dengan sehat. Anda bisa mendapatkannya dari sayuran berdaun hijau, hati, biji bunga matahari, serta buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, dan limau gedang (grapefruit).
  9. Vitamin B12 (cyanocobalamin) Vitamin B12 termasuk vital untuk metabolisme tubuh dan menjaga fungsi sistem saraf pusat. Vitamin ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi daging merah, daging unggas, telur, susu dan produk susu, ikan, serta kerang. Ada pula beberapa produk sereal dan produk kedelai yang sudah diperkaya dengan vitamin B12.
  10. Vitamin C (asam askorbat) Vitamin C berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, serta membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Vitamin ini terkandung dalam paprika, jambu, kiwi, leci, jeruk, pepaya, kale, brokoli, dan banyak lagi.
  11. Vitamin D (ergocalciferol) Fungsi vitamin D adalah membantu tubuh dalam menyerap kalsium. Kalsium sendiri sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi serta tulang. Untuk mendapatkan vitamin D, Anda bisa menerima paparan sinar ultraviolet dari cahaya matahari, serta mengonsumsi ikan berlemak, telur, hati sapi, dan jamur.
  12. Vitamin E (tocopherol) Vitamin E membantu dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Anda bisa memperolehnya dari kiwi, alpukat, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, minyak sayuran yang tidak dipanaskan, gandum utuh, dan telur.
  13. Vitamin K (phylloquinone) Vitamin K berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, kemampuan kognitif, dan kesehatan jantung. Vitamin ini bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi alpukat, kiwi, serta sayuran berdaun hijau.
Setelah anda mengenali Fungsi Vitamin Bagi tibuh anda, makan Anda akan mulai bisa untuk memilih Vitamin apa yang cocok untuk tubuh Anda sesuai anjuran Dokter agar bisa menahan paparan berbahaya Covid-19. 

Semoga, artikel ini bermanfaat bagi anda dan anda bisa mulai melengkapi kebutuhan Vitamin anda agar bisa meningkatkan imunitas tubuh agar bisa melawan bahayanya Virus berbahaya, bukan hanya disaat Pandemi saat ini saja, melainkan tubuh bisa siap melawan virus berbahaya lainnya.

0 Response to "Penting - Kenali Fungsi Vitamin Bagi Tubuh di Era New Normal"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.