Hindari Kebiasaan yang Membuatmu Boros di Tengah Krisis

Hindari Kebiasaan yang Membuatmu Boros di Tengah Krisis
Memosaqee - Seperti biasa saya akan membagikan informasi penting bagi anda saat ini yang sedang dalam krisis ekonomi tentunya.

Kapan pun itu, sekalipun saat krisis, anda tetap haru memiliki kebiasaan yang hemat, jangan boros intinya.

Kebiasaan boros menjadi semakin meningkat akhir - akhir ini, dengan adanya Fenomena Kemudahan transaksi Online, begitu oun dengan Kemudahaan Pembayaran Online yang saat ini tidak bisa kita hindarkan.

Nah, berikut ada kebiasaan yang harus dihindari agar tidak berperilaku boros baik dalam situasi anda yang berekonomi stabil ataupun disaat sedang krisis Ekonomi.

Catat, kebiasaan yang membuatmu menjadi boros, hal ini sangat erat kaitannya dengan Gaya Hidup anda, Life Style is always Number One.

Sebelum anda menyesal, maka ketahuilah kebiasaan yang membuatmu menjadi Boros. Ada apa saja?
Baca Juga :
▪ Pola Hidup dalam Menjaga Kesehatan
▪ Cukupi Kalsium Tubuhmu saat ini juga
▪ "Healty Eating" walau di Rumah Saja
▪ Khasiat dari Kebiasaan Ini Sangat Luar Biasa
▪ Sering Dikonsumsi namun Tidak Tahu Manfaatnya
▪ Jangan Asal Gaya, ketahui dulu ini baru boleh Gaya
Mudah Tergoda Oleh Promo
Semua sudah ada digenggaman tangan Anda, tawaran produk Branded yang dijual secara online pun ada di depan mata Anda. Untuk meningkatkan penjualan online, biasanya Produsen memberikan Promo Dahsyat agar banyak pembeli.

Nah, disaat itulah keimanan anda tergoda oleh Promo-promo dahsyat yang ditawarkan.

Karena sudah seperti layaknya air yang mengalir, saat mata anda melihat promo diskon anda langsung tertarik untuk membeli barang tersebut. Iya gak?

Hal ini tidak anda sadari, kebiasaan yang seakan benar namun salah. Beli barang promo menurutmu bisa hemat, tetapi justru hal ini akan membuat anda semakin penasaran dengan barang lain yang ditawarkan secara promo, alhasil yang tadinya anda hanya beli kebituhan pokok malah ditambah barang-barang lainnya yang tidak urgent dibutuhkan.

Membeli Barang dengan Harga Murah, Tapi Kualitasnya Rendah
Ketika membeli barang yang harganya lebih rendah, banyak di antara kamu yang merasa telah melakukan penghematan. Tapi, hal itu ternyata salah! Alih-alih menghemat pengeluaran, kebiasaan tersebut justru bikin kamu jadi boros dan mengeluarkan budget lebih, loh!

Ingat istilah “ada harga, ada rupa”, kan? Pada beberapa produk yang kamu butuhkan untuk jangka panjang, seperti tas, sepatu dan elektronik, istilah ini memang berlaku. Harga nggak akan membohongi kualitas! Oleh karena itu, nggak ada salahnya untuk membeli produk dengan harga yang mahal, daripada yang murah, tapi cepat rusak. 

Belanja Tanpa Membawa Catatan
Agak menyusahkan, memang, jika setiap hendak berbelanja, kita harus mencatat terlebih dulu barang apa saja yang akan dibeli. Tapi, dengan membiasakannya, kamu dapat mengontrol diri untuk tidak menghambur-hamburkan uang dan jadi overspending. Bisa jadi bencana, loh, kalo kamu hanya mengandalkan ingatan dan perkiraan saat berbelanja.

Membeli Barang Bernilai Tinggi Tanpa Pikir Panjang
Saat baru menerima gaji atau uang THR, kamu tentu tergoda untuk membelanjakannya. Bila kamu punya keinginan untuk membeli produk bernilai tinggi, sebaiknya tunggu selama 30 hari sebelum benar-benar mengangkutnya. Sebab, dalam jangka waktu tersebut, kamu bisa berubah pikiran atau nemuin produk alternatif yang harganya lebih bersahabat. Jangan buru-buru mengambil keputusan, pokoknya!

Rekening Tabungan Mudah Diakses
Kemajuan teknologi memudahkanmu bertransaksi melalui gadget. Tapi, kemudahan itu ternyata malah membuat kamu jadi semakin boros. Sebab, bila ingin berbelanja online, kamu nggak perlu keluar rumah, cukup melakukan pembayaran dari rumah.

Kalo kamu hanya mempunyai satu rekening untuk tabungan, diperlukan sikap konsisten dalam mengontrol penggunaannya. Di samping tidak mengakses mobile application untuk transfer, sebaiknya kartu ATM juga disimpan di rumah. Jika kamu turut membawanya dalam dompet, uang tersebut bisa terpakai saat kamu berbelanja.

Membawa Kartu Kredit Kemana-mana
Credit card emang mempermudah kita untuk berbelanja, apalagi bila kamu ingin membeli produk dalam jumlah besar. Tapi, jika tidak diikuti dengan pola pemakaian yang teratur, tagihanmu bisa membengkak, loh!

Sering Nongkrong
Di samping membuat pikiran lebih tenang dan segar, nongkrong juga bisa membuat hubungan sosialmu jadi lebih baik. Tapi, kalau dilakukan secara terus-menerus dapat menimbulkan kerugian juga, loh! Salah satunya bikin kamu jadi boros.

Bayangin aja kalo sekali nongkrong kamu bisa menghabiskan uang minimal Rp60.000. Seminggu udah Rp420.000, tuh! Uang sebanyak itu mending buat ditabung, kan?
Banyak orang yang nggak menyadari jika telah melakukan pemborosan. Sebab, mereka berpikir bahwa itu merupakan cara yang paling benar untuk menghemat pengeluaran. Padahal belum tentu demikian, loh!

Oleh karenanya, kamu wajib introspeksi diri. Ada kah di antara kebiasaan yang tanpa sadar bikin boros di atas yang pernah kamu lakukan? 

0 Response to "Hindari Kebiasaan yang Membuatmu Boros di Tengah Krisis"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.