Tips dan Strategi Usaha Digital Printing Modal Minim



(image source : pinterest.com)


Kawan - kawan tentu sudah mengenal yang namanya bisnis percetakan, nah biar tidak terlalu panjang karena konsep blog ini seperti halnya memo jadi langsung aja.

Sedikit saya jelaskan bahwa Digital printing adalah percetakan digital, percetakan yang dilakukan secara digital.

Seiring dengan perkembangan jaman kini usaha percetakan bukan dapat lagi dijalankan secara manual. 

Tapi melalui mesin cetak moderen yang dinamakan usaha percetakan digital printing yang mampu
mencetak ribuan media dalam waktu singkat, luar biasa bukan. Sekarang sudah dibuat mudah dengan kemajuan jaman.

Baiklah, saya berikan rincian bagaimana memulai untuk usaha Digital printing ini.

Rincian Modal Usaha Percetakan Digital Printing hingga realisasi
Trik dan Tips

“jauhkan dulu pemikiran modal harus langsung dengan uang yang besar”. Biar semangat ya, ikuti terus dan intinya jangan punya pemikiran seperti itu, oke?

Modal usaha percetakan digital printing yang utama adalah mesin cetak digital printing.
Bagaimana cara mendapatkannya?

Kawan - kawan bisa membeli mesin cetak digital printing terbaru dengan harga terjangkau di toko komputer dan elektronik terdekat.

Jika kawan - kawan ingin membeli mesin digital printing yang lebih murah dapat membeli yang second atau bekas. Sudah bisa menmjawab kan?

Jadi triknya, belilah perealatan second atau bekas.
Bagaimana caranya? Saya berikan tipsnya disini.
Memilih barang second berkualitas dengan harga murah!

Kesimpulannya, bisnis percetakan digital dapat dimulai dari modal kecil, nol sampai modal besar disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Noted ya kawan – kawan.

Saya buatkan estimasi rincian modal awal usaha percetakan digital printing hingga terealisasi menjadi kenyataan dan tinggal melanjutkan, antara lain: 

Mesin Digital Printing harga Rp 140,000,000,
Printer, Scanner dan Komputer harga Rp 12,000,000,

Jadi modal usaha yang dibutuhkan dalam membuka bisnis percetakan digital sekitar Rp 152 juta.

Kalkulasi perhitungan biaya modal dan penghasilan.

Jika dalam sebulan ada orderan

a.      Banner sebanyak 10,000 pcs perhitungannya : 10,000 pcs x Rp 25,000 = Rp 250 juta.
b.      Pesanan id card sebanyak 2,000 buah x Rp 5,000 = Rp 10 juta.

 Keuntungan kotor perbulan sebesar Rp 260 juta. Setelah dipotong biaya operasional meliputi biaya karyawan 7 orang x Rp 1,8 juta = Rp 12,6 juta, biaya listrik sebesar Rp 600 ribu, biaya bahan baku cetakan seperti tinta, kertas dll sebesar Rp 30 juta, sewa lokasi usaha pertahun sebesar Rp 7 juta : 12 = Rp 600 ribu, sewa internet dan domain sebesar Rp 400.000 : 12 = Rp 30 ribu.

Maka keuntungan bersih sekitar ( 260,000,000 – ( 12,600,000+600,000+30,000,000 +600,000+30,000) = 260,000,000 – 48,830,000 = Rp. 211,700,000.

 BEP atau balik modal bisa dicapai kurang dari hanya satu bulan saja atau bisa dikatakan kurang dengan catatan adalah jumlah pesanan mencapai 10,000 pcs. Bisa?

Saya kira kawan – kawan akan bisa, bagi yang sudah mencobanya silahkan berikan feedbacknya di kolom komentar yah.

Bisnis yang sangat menjanjikan untung besar dengan pengelolaan usaha yang sangat mudah.
Hal ini dikarenakan pangsa pasar usaha digital printing sangat luas mencakup semua kalangan baik profesi dan usia, usahakan bila kawan – kawan sudah memiliki link dengan perusahaan, cobalah untuk merangkulnya agar setiap pesanan persetakannya bisa tetap di kita.

Usaha percetakan digital dapat dilakukan sebagai usaha sampingan dan utama.

Bisnis digital printing merupakan jenis usaha yang abadi menguntungkan, benar atau tidak?

Bukan jenis usaha musiman, jelas.

Usaha ini selalu dibutuhkan setiap orang terutama para pelaku usaha kecil menengah dan perusahaan besar untuk mempromosikan bisnis mereka.

Karena memang sejarah awal kehadiran usaha percetakan digital printing untuk melayani kebutuhan periklanan.

Pangsa Pasar Bisnis Percetakan Digital Printing

Target market usaha digital printing sangat besar meliputi perusahaan besar dan kecil, event organizer, lembaga swasta yang hendak mengadakan acara, kalangan perorangan yang hendak mengadakan pesta pernikahan dan syukuran khitanan, lembaga pemerintah yang akan mengadakan penyuluhan dan sosialisasi pilkada, dan para calon anggota DPR yang memerlukan produk cetakan untuk mempromosikan nama dirinya, souvenir pernikahan, para pelaku bisnis yang ingin mengenalkan usahanya dan lain sebagainya.

Dalam memulai usaha digital printing tak bisa dilakukan secara terburu-buru tanpa rencana jelas. Diperlukan modal usaha yang harus dipersiapkan sebelumnya.

Meliputi modal usaha barang mesin digital printing dan uang serta yang terpenting adalah ilmu dalam mengelola bisnis percetakan digital printing.

Barang yang dibutuhkan dalam membuka usaha digital printing seperti lokasi usaha yang disewa.
Oleh karenanya, kawan - kawan harus mengetahui berapa harga pasaran sewa lokasi usaha di tempat tempat daerah tersebut serta harus mengetahui harga mesin cetak digital yang bagus.

Aspek lain yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha digital printing adalah mengetahui ilmu dan cara meledakkan penjualan sampai untung berkali lipat dan bisa balik modal atau BEP dalam waktu singkat. Kenapa? Supaya kawan – kawan tidak kehabisan modal.

Kelebihan Bisnis Digital Printing

Semenjak era moderen pembuatan barang hasil cetakan dalam jumlah besar dapat dikerjakan dalam waktu cepat.

Jika dulu untuk mencetak barang dalam jumlah besar memerlukan waktu beberapa hari. Dan jumlah barang yang harus dicetak dapat diterima sebagai order jika dalam jumlah banyak.

Apabila pesanan mencetak produk hanya beberapa buah tak akan diterima oleh gerai usaha percetakan karena menghabiskan biaya ongkos produksi yang mahal.

Tapi kini seiring munculnya mesin digital printing modern membuat jasa mencetak barang dapat dilakukan secara satuan atau ribuan yang bisa diselesaikan dalam beberapa menit atau detik saja. Pesanan cetakan satu pun diterima dan tetap menguntungkan.

Pada jaman sekarang kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap barang-barang cetakan tinggi sekali khususnya bagi para pelaku bisnis, event organizer, perusahan, mahasiswa serta pelajar.
Misalnya brosur, banner, stiker, mug bergambar, spanduk, leaflet, reklame, kartu nama, dan barang cetakan lainnya. Sehingga usaha percetakan digital printing sangat menjanjikan untuk dijalankan sebagai bisnis sampingan maupun utama.

Walaupun tingkat persaingan bisnis digital printing sangat besar, di kota-kota besar sangat mudah menjumpai gerai digital printing, usaha ini tetap saja menjanjikan asalkan sanggup melayani konsumen dengan baik.

Cara Memulai Bisnis Percetakan Digital Sukses

Karyawan

Salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis digital printing adalah pelayanan yang memuaskan konsumen. Ini merupakan service point kalau menurut saya.
Karena service yang baik akan mendatangkan lagi banyak pelanggan, Yakin? Harus yakin. Kenapa? Service yang baik akan membuat orang – orang betah.

Disamping itu kemampuan dalam mencetak dan mengoperasikan alat percertakan oleh karyawan harus mahir.

Misalnya kualitas produk cetakan digital sangat bagus dalam berbagai hal termasuk mempunyai desain menarik sekali .

Oleh karenanya, Kawan - kawan perlu menguasai teknik cara membuat desain yang menarik. Kawan - kawan dapat mempelajari keterampilannya lewat buku atau mengikuti pelatihan kursus bidang itu.

Dan yang paling mudah adalah merekrut seorang pegawai yang benar-benar ahli dan pengalaman dalam bidang desain.

Pemasaran

Kawan – kawan sudah yakin dengan ide bisnis ini dan ingin segera memulainya?
Saya kasih tips dan masukkannya.

1 hal, bagi pelaku usaha digital printing ini, kawan – kawan tidak usah takut untuk pemasarannya. 

Tinggal manfaatkan hasil cetakan nya yang berisikan iklan bahwa toko kawa semua ini menerima percetakan digital. Beres!

Lah kok beres? Caranya?

Buatlah design menarik, cetak dengan jumlah yang dibutuhkan, cukup hanya untuk menjangkau lokasi dimana usaha kawan semua ini berada.

Saya kira dengan mengeluarkan tinta dan kertas untuk membuat promosi dan habis 10 juta, cukup.
Lihatlah nanti reaksinya, saya yakin. Akan banyak yang mencari.

“Sebuah produk harus mampu dipasarkan dengan baik seperti produk digital printing. Tanpa ada pemasaran yang baik maka sebuah usaha akan percuma, rugi dan tidak menghasilkan uang.” Kutipan diatas sering saya jumpai di artikel. Namun disini saya tidak ingin menakut – nakuti kawan – kawan semua.

Cukup berusaha saja, karena waktu akan menjawabnya kok. Saya yakin, kawan - kawan pasti bisa.


1 Response to "Tips dan Strategi Usaha Digital Printing Modal Minim"

  1. I'm constantly searching on the internet for posts that will help me. Too much is clearly to learn about this. I believe you created good quality items in Functions also. Keep working, congrats! Digital Seva

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.