Pola Hidup Santri yang Jadi Trend Di tengah Pandemi Covid-19

Pola Hidup Santri yang Jadi Trend Di tengah Pandemi Covid-19
Santri sedang Mengaji di Bawah Pohon

Memosaqee- Dulu, saya tidak tertarik dengan kehidupan santri. Membosankan dan tidak nyman keliatannya. Namun, ternyata aku adalah orang yang salah dalam menilai itu semua, kenyataanya Pola Hidup santri ini justru akan menyehatkan Rohani kita.
Dikala adanya Pandemi Covid-19, pola hidup santri mulai ditinjau ata banyak kalangan di bidang Kesehatan memperhatikannya. Alhasil, untuk perkumpulan Santri yang ada disetiap daerahnya mulai diliburkan, artinya para Santri siap di rumahkan.

Namun ada yang menarik perhatian saya mengenai pola hidup santri saat berada di pondok yang seharusnya bisa diterapkan oleh semua kalangan masyarakat di rumah dalam mengahadapi Pandemi Covid-19.

Gaya Hidup Sehat Ala Santri
Nggak kebayang jadi santri. Mereka harus rela hidup jauh dari keluarga dan sanak-saudara demi menimba ilmu agama. Mereka tidak bisa melakukan aktifitas seenaknya, seperti ketika masih di rumah. Pun mereka bakal jarang mencicipi makanan buatan ibunda yang selalu bikin kangen.
Tapi, meskipun jauh dari rumah, mereka tetap menjaga kesehatan dengan menjalankan gaya hidup yang teratur, sesuai aturan di pondok. Berikut ini di antaranya:
Pola Makan Teratur
Di pesantren, biasanya dapur cuma buka di waktu pagi dan sore. Jadi, para santri hanya bisa makan pada jam-jam tersebut. Nah, mau nggak mau, mereka menjadi terbiasa dengan pola makan yang teratur. Seperti yang kita tahu, salah satu kunci hidup sehat adalah makan sesuai jadwal, bukan?
Berolahraga Secara Rutin

Guna menjaga kesehatan jasmani, para santri diwajibkan untuk berolahraga secara rutin seminggu sekali. Dengan begini, fisik mereka akan tetap fit, walau banyak aktifitas yang dilakukan. Biasanya, olahraga tersebut dilaksanakan pada hari Jumat.

Santri-santri akan diajak lari, senam, main futsal, bulutangkis, basket atau bola pingpong untuk melemaskan otot-otot mereka agar tidak tegang dan kaku karena proses belajar-mengajar di pondok yang terkenal sangat ketat.
Puasa Senin-Kamis
Beberapa pondok pesantren di Indonesia menerapkan puasa Senin-Kamis untuk para santrinya. Di samping menjalankan perintah agama, kebiasaan itu ternyata membawa manfaat yang baik buat kesehatan, loh!
Penelitian menyebutkan bahwa puasa membantu proses detoksifikasi alias pengeluaran racun dari dalam tubuh.
Minum Air Putih yang Cukup
Walaupun jadwal para santri sangat padat, kesehatan tubuh mereka tetap terjaga. Alasan kenapa mereka selalu bugar, meski belajar, mengaji dan melakukan aktifitas lainnya selama satu hari penuh adalah karena kebutuhan air minum tercukupi.

Mereka memperbanyak asupan air minum yang biasanya didapat langsung dari air pegunungan nan jernih lagi higienis. Jangan harap kamu nemuin minuman dingin, bergula atau bersoda di pesantren. Sebab, jarang dari mereka yang menikmati minuman-minuman tersebut.

Bangun Pagi
Pola hidup sehat ala santri selanjutnya adalah membiasakan diri bangun pagi. Ya, di pondok, para santri emang diajarkan untuk selalu bangun pagi-pagi buta. Setelah itu, biasanya mereka akan membasuh muka atau mandi sebelum berangkat ke masjid. Kebiasaan ini udah dilakukan secara turun-temurun, loh!


Dan ternyata, ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh apabila bangun pagi. Di antaranya, membuat wajah lebih sehat, bersih dan cantik, menyehatkan paru-paru dan jantung serta meningkatkan sirkulasi darah dan sistem imun tubuh.
Mandi Sebelum Subuh
Sebagaimana yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, para santri dibiasakan untuk mandi ketika hendak ke masjid. Mandi sebelum melaksanakan sholat subuh sendiri selain merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW, juga punya manfaat buat kesehatan, di antaranya mampu memperlancar aliran darah.
Sering Berdzikir
Selain puasa Senin-Kamis, para santri juga rajin berdzikir. Bisa dibilang, berdzikir merupakan santapan mereka sehari-hari. Dengan seringnya melakukan kegiatan tersebut, pikiran mereka jadi lebih fresh. Sehingga, stress dan berbagai penyakit hati lainnya dapat dihindari. Mereka pun dapat menjalani hari-hari dengan damai dan tenang.
Dengan mengamalkan pola hidup sehat ala santri di atas, kehidupan mereka di pesantren nggak akan jadi seburuk yang mereka kira. Awalnya emang berat, tapi lama-lama kalau sudah terbiasa bakal enteng, kok, ngejalaninnya.


0 Response to "Pola Hidup Santri yang Jadi Trend Di tengah Pandemi Covid-19"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.