Perhatikan 7 Tips Atasi Sakit Maag yang datang Tiba-tiba

Perawatan Sakit Maag
Memosaqee - Maag adalah penyakit yang sangat umum dialami, terutama oleh mereka yang gaya hidup dan pola makannya tidak sehat. Penyakit ini ditandai dengan gejala-gejala, seperti perut kembung, mual, nyeri pada ulu hati, sering buang gas dan bersendawa serta masih banyak lagi. Gejala tersebut biasanya bakal semakin memburuk bila disertai dengan stress.

Penyakit maag sendiri tidak bisa disembuhkan, hanya dapat dihindari agar tidak kambuh. Caranya dengan menerapkan tips mencegah sakit maag yang akan dibahas kali ini!

Kiat Mencegah Sakit Maag Kumat Kembali
Sakit maag atau tukak lambung merupakan kondisi di mana lambung terasa nyeri dan panas yang bisa diakibatkan oleh luka pada lapisan dalam lambung, serangan bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan OAINS (obat antiinflamasi nonsteroid) serta stress.
Baca Juga :
Selain itu, kebiasaan makan dengan porsi banyak dan cepat, sering mengonsumsi makanan pedas serta berlemak, mengalami radang pankreas dan tersumbatnya usus juga bisa memicu sakit maag. Jika sewaktu-waktu kambuh, bakal terasa menyakitkan. Makanya, cegah sakit maag kumat dengan cara:

Selalu Bawa Obat Sakit Maag Kemanapun Kamu Pergi
Siap sedia obat maag di dalam tas adalah langkah yang tepat untuk mengatasi jika sewaktu-waktu penyakit itu kambuh. Obat maag bisa jadi pertolongan pertama apabila kamu berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk menjangkau klinik atau rumah sakit dengan segera.
Terdapat berbagai obat maag yang bisa kamu konsumsi, di antaranya antasida, proton pump inhibitors serta acid blockers. Atau, kamu bisa langsung meminta resep pada dokter agar dicarikan obat mana yang paling cocok.

Jangan Mengonsumsi Makanan Pedas, Asam dan Tinggi Kafein
Jika kamu memiliki riwayat sakit maag, nggak sembarang makanan boleh masuk ke tubuhmu. Misalnya, makanan pedas, asam serta tinggi kafein. Kamu harus rela meninggalkan kebiasaan makan mie instan dengan 10 cabe atau minum kopi berkali-kali dalam sehari bila tidak ingin merasakan gejala maag yang sakitnya luar biasa.
Paling tidak, batasi lah konsumsinya, minimal sebulan atau seminggu sekali. Jangan bandel, ya!

Atur dan Tepati Jadwal Makan
Selain makanan tertentu, penyebab lain sakit maag adalah karena telat makan. Terkadang emang nggak gampang untuk makan tepat waktu, apalagi buat kamu yang memiliki banyak kesibukan. Fokus sama pekerjaan sering bikin kamu lupa waktu, hingga akhirnya men-skip jam makan.
Solusinya, buat jadwal makan dan terapkan dengan konsisten. Kalau perlu, nyalakan alarm di ponsel kamu tiap masuk waktu makan. Bila terlampau sibuk, sebaiknya bawa bekal dari rumah supaya bisa dimakan saat jam istirahat.

Makan dengan Porsi Sedikit, Namun Sering
Lambung yang kosong bisa menyebabkan sakit maag kumat dan terasa nyeri. Daripada makan dengan porsi besar sekaligus, lebih baik sedikit, tapi sering. Kalo biasanya kamu makan satu piring penuh, mulai sekarang cukup seperempat piring saja. Tips mencegah sakit maag ini dinilai lebih efektif karena nggak bikin asam lambung kamu naik saat kondisinya sedang kosong.

Jangan Berbaring Setelah Makan
Siapa yang abis makan suka ngantuk? Pasti banyak, kan! Meski begitu, jangan langsung berbaring, ya, supaya asam lambung nggak naik ke tenggorokan yang bikin maag kambuh. Beri jeda sekitar 20-30 menit setelah makan semisal pengen rebahan.

Puasa Bisa Membantu Menangkal Maag
Dr. Hk. Bhakru melalui bukunya yang berjudul “The Complete Handbook of Nature Cure”, menyampaikan bahwa cara tradisional yang bisa dilakukan untuk mengobati maag adalah dengan berpuasa. Puasa bikin jadwal makan kamu jadi lebih teratur. Tapi, kamu juga perlu mengatur pola makan untuk mencukupi nutrisi.

Bila ingin menjalaninya, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

Memperbanyak Istirahat, Terutama Kalau Kamu Sedang Sakit
Obat dari segala penyakit, termasuk maag adalah memperbanyak istirahat. Jangan melakukan aktifitas apapun, apalagi saat maag kumat. Gunakan waktumu untuk beristirahat sejenak atau sampai kondisimu pulih. Kelelahan dan stress cuma bakal bikin sakitmu tambah parah.

Kasus maag yang sering terjadi adalah maag ringan. Kondisi tersebut bisa diatasi tanpa harus berkonsultasi dengan dokter. Cukup mengikuti tips mencegah sakit maag di atas. Tapi, jika dialami dalam jangka panjang atau dibarengi dengan gejala-gejala tertentu, seperti muntah, kesulitan menelan dan berat badan turun secara drastis, kamu butuh bantuan medis dengan segera.


0 Response to "Perhatikan 7 Tips Atasi Sakit Maag yang datang Tiba-tiba"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.