Pengguna Lensa Kontak Pahami Ini Terlebih Dahulu


Ilustrasi : Saat Menggunakan Lensa Kontak
Kaum Milenial tentu nggak asing sama Salshabilla Adriani. Youtuber sekaligus pemain sinetron ini beberapa saat lalu membagikan story di Instagram mengenai pengalamannya hampir buta gara-gara menggunakan softlens. Padahal,
gadis berusia 19 tahun itu telah memakai softlens selama 5 tahun dan sebelumnya tidak pernah terjadi masalah apapun.
Namun ternyata, diam-diam softlens yang ia pakai membuat kornea kedua matanya ‘tercekik’. Ngeri, ya?
Bagaimana kisahnya? Berikut kami rangkumkan buat kamu beserta tips memakai lensa kontak agar terhindar dari iritasi seperti yang dialami Salsha.

Salsha Nyaris Kehilangan Penglihatannya Karena Softlens

Bagi yang nggak suka memakai kacamata, softlens bisa jadi alternatif. Tapi, penggunaannya harus diperhatikan, mengingat sudah banyak kasus yang terjadi akibat pemakaian benda tersebut. Salah satunya yang menimpa Salshabila Adriani.
Lewat IG story, Salsha menyampaikan keanehan yang terjadi pada matanya. Awalnya, ia menganggap hal itu wajar karena polusi di Jakarta memang sedang ekstrem. Tapi, lama-lama matanya terasa perih, berair, buram hingga tidak bisa melihat.

Setelah dibawa ke rumah sakit, dokter mengatakan bahwa Salsha tidak boleh memakai lensa kontak lagi. Sebab, pembuluh darah sudah masuk ke kornea dan membuatnya dehidrasi. Salsha sendiri pun menyatakan kapok menggunakan softlens karena kejadian ini.

Untungnya, kondisi mata Salsha mulai membaik setelah diberi obat tetes dan melakukan perawatan sesuai dengan petunjuk dokter. Salsha juga membagikan tips memakai lensa kontak agar terhindar dari iritasi, yakni memilih ukuran softlens yang sesuai dan senantiasa menjaga kebersihannya.

Bahaya Menggunakan Lensa Kontak
Penggunaan contact lens membuat seseorang lebih rentan mengalami beberapa masalah serius, di antaranya infeksi pada mata dan borok kornea. Bila dipakai dalam jangka panjang, lensa kontak dapat mengakibatkan perubahan pada ketebalan kornea, sensitivitas kornea, ketebalan stroma, penyerapan oksigen epitel dan lain-lain. Efek samping lainnya, yaitu pembentukan vakuola epitel, mikrokista, fotofobia sampai kebutaan.

Akibat pemakaian contact lens yang salah, sebagian orang ada yang sampai harus cangkok kornea. Kornea sendiri ada lima lapis. Sangat bahaya bila lukanya mengenai lapisan tengah. Memang, luka tersebut bisa sembuh, tapi beresiko mengganggu fungsi indera penglihatan.

Tips Memakai Contact Lens yang Benar Supaya Nggak Menyebabkan Iritasi
Kamu boleh, kok, memakai softlens sebagai pengganti kacamata atau guna menunjang penampilan, seperti yang dilakukan Salsha. Tapi, selalu ingat hal-hal di bawah ini untuk mencegah munculnya masalah baru akibat penggunaan lensa kontak di kemudian hari:

Batasi Durasi Penggunaannya
Contact lens tidak boleh dipakai lebih dari 8 jam untuk mencegah terjadinya lecet atau infeksi pada kornea mata. Luka yang disebabkan oleh penggunaan contact lens secara berlebihan mungkin nggak langsung ketahuan. Kamu bakal mengira itu merupakan gejala mata minus atau kondisi lainnya. Jika dibiarkan, penglihatanmu bisa terganggu, loh!
Lensa kontak juga nggak boleh dibawa tidur. Sebab, benda tersebut didesain untuk mata terbuka. Saat tertutup, mata akan lebih lembab, memudahkan pertumbuhan bakteri dan jamur.  

Hanya Kenakan di Dalam Ruangan
Tips memakai lensa kontak agar terhindar dari iritasi berikutnya adalah hanya mengenakannya ketika berada di dalam ruangan. Penggunaan outdoor bakal memperbesar resiko terjadinya infeksi dan kondisi lainnya yang dapat mengganggu penglihatan. Apalagi, di luar banyak polusi serta debu yang bertebaran.

Selalu Jaga Kebersihan dan Kelembabannya
Kamu harus senantiasa menjaga kebersihan lensa kontak dengan mencuci tangan sampai bersih sebelum memasangkannya, men-sterilkan tempat penyimpanannya dan tidak membiarkan cairan contact lens tersentuh apapun, termasuk jari, supaya tidak terkontaminasi.
Selain itu, bila kamu menggunakannya dalam ruangan dengan pendingin udara, jagalah kelembabannya. Bisa dengan obat tetes mata yang beredar di pasaran, baik yang biasa atau pun multi purpose, yakni obat tetes mata sekaligus cuci contact lens. Jangan biarkan mata kering agar lensa 
kontak tidak sukar dilepas dan memperkecil resiko cedera pada kornea.

Jangan Berbagi Softlens dengan Orang Lain
Softlens adalah barang pribadi yang nggak bisa dipakai bersama-sama alias sharing dengan orang lain. Saling berbagi dapat meningkatkan resiko terkena infeksi. Partikel-partikel dari mata orang lain bisa berpindah ke mata kamu, loh!

Dari kisah Salsha, kita bisa mengambil pelajaran bahwa segala yang berlebihan itu tidak baik. Beruntung Salsha segera mendapatkan pertolongan medis sebelum kondisinya bertambah parah. Softlens sebaiknya dikenakan saat kamu benar-benar butuh, misal sebagai pengganti kacamata atau ketika hendak menghadiri event tertentu.

Tapi, ingat! Kamu tidak boleh mengabaikan aturan atau tips memakai lensa kontak agar terhindar dari iritasi mata.
Demikian informasi yang bisa saya share kepada kalian semua agar tidak mengalami hal yang tidak diinginkan, terutama bagi Pengguna Lensa Kontak Pahami Ini Terlebih Dahulu yah. Sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.


0 Response to "Pengguna Lensa Kontak Pahami Ini Terlebih Dahulu"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.