Olahraga bagi Penderita Fibromyalgia bisa Meringankan Rasa Sakit

Olahraga bagi Penderita Fibromyalgia bisa Meringankan Rasa Sakit
Ilustrasi Olahraga Berat

Memosaqee - Istilah Fibromyalgia mungkin masih terdengar asing di telingamu. Tapi, itu merupakan jenis gangguan kesehatan yang menimbulkan rasa sakit di sekujur tubuh. Sehingga, sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bahkan, kamu yang menderita penyakit ini tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga karena pasti bakal sangat menyakitkan. Namun, jangan khawatir. Kamu tetap bisa menjalani aktivitas fisik, asal memilih olahraga yang cocok untuk penderita Fibromyalgia.
Olahraga yang Cocok Buat Penderita Fibromyalgia
Fibromyalgia merupakan penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri pada tulang dan otot yang menjalar ke bagian tubuh lainnya, dibarengi rasa lelah dan gangguan tidur. Penderita Fibromyalgia akan kesulitan untuk melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga. Karena hal itu bakal membuat tulang dan sekujur tubuh mereka terasa sakit.
Tapi, ada, kok, jenis olahraga yang aman dan justru bisa meringankan rasa sakit yang dialami penderita Fibromyalgia. Di awal mungkin akan terasa sakit. Namun, jika kamu memulainya dengan perlahan dan sabar, rasa sakit pada tubuhmu bisa berkurang. Penelitian yang dipublish di jurnal Current Pain and Headache Reports telah membuktikannya, loh!

Bahkan, resiko untuk mengalami gangguan kesehatan mental, seperti depresi juga akan menurun bila kamu melakukan olahraga secara rutin. Apa saja gerakan olahraga yang aman untuk pengidap Fibromyalgia? Simak ulasan berikut!

Berjalan Kaki
Nggak punya cukup banyak waktu buat berolahraga? Berjalan kaki bisa jadi solusi yang tepat untuk penderita Fibromyalgia. Sebab, olahraga tersebut sangat fleksibel, dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Entah itu ketika berangkat ke tempat kerja atau berbelanja di supermarket.
Eits, jangan salah! Berjalan kaki selama setengah jam per hari ternyata mampu meredakan rasa sakit yang dialami oleh penderita Fibromyalgia, loh! Olahraga ringan ini bisa melenturkan otot-otot betis dan paha yang tegang. Sehingga, rasa sakit di area tersebut bakal berkurang.

Berenang
Olahraga ini nggak cuma menyenangkan, tapi juga sangat bermanfaat, terutama buat penderita Fibromyalgia. Sebab, berenang bisa meregangkan otot-otot di tubuhmu secara lembut. Hal itu dibuktikan lewat penelitian dalam Archives of Physical Medicine and Rehabilitation bahwa berenang dapat meringankan rasa sakit yang dialami oleh penderita Fibromyalgia.
Penelitian tersebut melibatkan beberapa orang, di mana mereka harus menjalani program renang 3 kali dalam seminggu selama 12 minggu. Hasilnya, penderita Fibromyalgia yang rutin berenang merasakan efek positifnya, yakni rasa sakit yang berkurang. Bahkan, kualitas hidup mereka juga meningkat karena olahraga itu.

Yoga
Sudah bukan rahasia lagi kalau yoga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pose atau gerakan-gerakannya umumnya fokus pada peregangan otot dan penyegaran pikiran. Sehingga, cocok sekali untuk dilakukan oleh penderita Fibromyalgia. Bahkan, telah ada penelitian yang membuktikannya, loh!

Penelitian yang dipublish pada jurnal Annals of the Rheumatic Disease tersebut melibatkan 33 pasien yang menjalani yoga secara rutin selama 3 bulan. Hasilnya, para peserta yang mempunyai kondisi Fibromyalgia melaporkan bahwa gejala-gejala, seperti rasa nyeri pada otot, rasa takut untuk bergerak dan depresi yang mereka alami mulai berkurang.

Tai Chi
Olahraga yang cocok untuk penderita Fibromyalgia berikutnya adalah Tai Chi. Sama dengan yoga, olahraga ini berguna untuk melatih keseimbangan tubuh dan pikiran. Menurut penelitian dari jurnal BMJ, gerakan Tai Chi lebih efektif untuk mengatasi gejala Fibromyalgia ketimbang latihan aerobik.
Penelitian itu melibatkan 226 penderita Fibromyalgia yang dibagi menjadi dua kelompok, yakni 151 orang melakukan Tai Chi dan sisanya, 75 orang melakukan aerobik. Hasilnya, peserta yang melakukan gerakan Tai Chi secara teratur merasakan sensasi yang lebih melegakan. Bahkan, mereka yang menghadiri dua kelas per minggu selama 24 minggu mengalami gejala yang jauh berkurang dibanding sebelumya.

Kenapa bisa demikian? Hal itu dikarenakan gerakan Tai Chi menuntut kamu untuk menumpu anggota tubuh sambil meningkatkan konsentrasi. Sehingga, otot-otot tubuhmu jadi lebih kuat dan stress yang kamu alami pun berkurang.
Tapi, untuk melakukan Tai Chi atau olahraga yang termasuk dalam seni bela diri lainnya sebaiknya didampingi instruktur, ya! Supaya kamu tahu pose apa saja yang aman untuk penderita dengan kondisi tertentu, termasuk Fibromyalgia.

Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga
Kalo yang ini bukan jenis olahraga, sih, sebenarnya. Tapi, setidaknya bikin kamu aktif secara fisik. Bahkan, aktivitas ini sangat cocok, loh, untuk penderita Fibromyalgia. Pekerjaan rumah tangga, seperti menyapu, mengepel lantai, membersihkan perabotan hingga berkebun mungkin emang nggak mengurangi rasa sakit, tapi bisa meningkatkan kualitas hidupmu.

Menurut penelitian dalam jurnal Arthritis Research and Therapy, melakukan pekerjaan rumah tangga amat bermanfaat bagi penderita Fibromyalgia. Penelitian itu melibatkan 171 penderita yang berjenis kelamin wanita dengan rentang usia 20-70 tahun. Mereka diminta untuk melakukan pekerjaan rumah tangga sambil diawasi oleh peneliti.

Hasilnya, aktivitas fisik yang demikian memang tidak memberi efek apa pun bagi gejala 
Fibromyalgia. Tapi, mampu meningkatkan kualitas fisik serta ketahanan tubuh mereka. Jadi, meski pun nggak dapat mengurangi sensitivitas nyeri yang kamu alami, pekerjaan rumah tangga bisa membuat kualitas hidupmu jadi lebih baik.

Olahraga yang cocok untuk penderita Fibromyalgia di atas bisa kamu lakukan secara perlahan. Nanti kalau sudah terbiasa, tambah lah intensitasnya. Tapi, jangan lupa untuk membicarakannya dengan dokter, ya, sebelum menjalani olahraga tersebut!

0 Response to "Olahraga bagi Penderita Fibromyalgia bisa Meringankan Rasa Sakit"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.