Manfaat Minum Kopi Setiap Hari Bisa Lawan Alzheimer

Penyajian Kopi
Memosaqee - Gemar minum kopi? Kamu beruntung karena kebiasaan itu ternyata berdampak baik buat kesehatan. Mungkin yang kamu tahu selama ini, kopi hanya mampu menjadi obat ketika rasa kantuk melanda. Padahal, banyak manfaatnya yang tak terduga.

Secangkir kopi hitam nggak cuma bisa menahan mata buat tetap melek dan memulihkan energi tubuh, melainkan melindungi tubuh dari serangan beragam penyakit, terutama bila dikonsumsi setiap hari. Nah, selengkapnya tentang manfaat minum kopi setiap hari dapat kamu simak di bawah ini!

Beragam Manfaat Meneguk Kopi Setiap Hari
Bagi para pecinta kopi, kayaknya kurang afdol kalau tidak menyesap secangkir kopi sehari saja. Terutama buat kamu yang setiap pagi minum secangkir kopi untuk menambah energi sebelum menjalani aktifitas.
Ternyata kebiasaan tersebut memiliki dampak positif, loh! Bahkan, ada bukti ilmiah yang memperkuatnya. Nah, berikut manfaat yang bisa kamu peroleh dari minum kopi secara rutin:
Baca Juga :
Meningkatkan Energi dan Kecerdasan Otak
Kandungan stimulan pada kopi yang bernama kafein dipercaya mampu mempengaruhi kinerja otak. Nggak cuma itu, senyawa tersebut juga diyakini dapat menambah energi dan meningkatkan kesadaran serta mood seseorang. Sehingga, wajar bila banyak yang mengonsumsi kopi untuk menggugah semangat dan mengusir rasa kantuk ketika sedang bekerja.
Tapi, jangan berlebihan, ya! Sebab, terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa berdampak buruk bagi kesehatanmu.

Menjadi Sumber Antioksidan
Dibandingkan teh hijau dan coklat, tingkat aktifitas antioksidan pada kopi ternyata jauh lebih tinggi, loh! Para ahli menemukan sekitar 1.000 antioksidan pada biji kopi yang belum diolah, ratusan lainnya berkembang ketika proses pemanggangan.
Hal itu membuat kopi menjadi bahan dan sumber utama antioksidan. Tahu, kan, apa manfaat antioksidan? Ya, senyawa itu berperan dalam menangkal radikal bebas, sehingga bikin kamu nggak gampang sakit.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kafein yang terdapat dalam secangkir kopi sangat efektif untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh hingga 3-11%. Penelitian lain juga nemuin kalau kafein bisa membantu pembakaran lemak sampai 10% pada orang yang mengalami obesitas dan 29% pada mereka yang tidak memiliki masalah tersebut.
Jadi, nggak heran bila sekarang banyak dijumpai produk pelangsing atau suplemen diet yang berbahan baku kopi.

Mengurangi Resiko Terkena Diabetes Tipe 2
Berdasarkan penelitian yang dilakukan cukup lama di Yunani, minum kopi dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 hingga 54%. Kopi mengurangi kadar protein amyloid dalam darah yang berkaitan dengan penyakit tersebut.

Penelitian lain menyebutkan bahwa resiko terkena diabetes bakal menurun sampai 7% pada kamu yang mengonsumsi secangkir kopi setiap hari. Studi epidemiologi juga melaporkan, peminum berat kopi, yakni mereka yang mengonsumsi empat atau lebih cangkir kopi per harinya, punya resiko 50% lebih rendah terkena diabetes dibanding peminum kopi ringan atau mereka yang nggak minum kopi sama sekali.

Melindungi Organ Hati
Manfaat minum kopi setiap hari yang berikutnya, yaitu menjaga kesehatan organ hati. Seperti yang kita tahu, hati merupakan salah satu organ yang paling penting dalam tubuh. Organ tersebut berperan dalam menetralisir racun, menghasilkan cairan empedu yang berguna untuk pencernaan dan fungsi lainnya.

Selayaknya organ tubuh yang lain, hati juga bisa terserang penyakit, di antaranya hepatitis dan sirosis alias kerusakan organ hati akibat terbentuknya jaringan parut. Nah, kopi ternyata dapat melindungi hati dari penyakit tersebut. Kamu yang meneguk empat cangkir kopi atau lebih per harinya memiliki resiko 80% lebih rendah untuk terkena sirosis.

Meredakan Depresi
Mengonsumsi kopi dipercaya bisa mengurangi gejala depresi dengan cara memicu pelepasan endorfin. Penelitian dalam World Journal of Biological Psychiatry juga membuktikan bahwa kopi hitam sangat efektif untuk meningkatkan harapan hidup penderita depresi.
Selain itu, studi yang dilakukan oleh Harvard menemukan, perempuan yang mengonsumsi setidaknya dua cangkir kopi per hari memiliki resiko 15% lebih rendah untuk mengalami depresi. Sedangkan jika mereka meminum empat cangkir kopi atau lebih per hari, resiko tersebut bakal berkurang hingga 20%.

Mencegah Asam Urat
Beberapa penelitian menemukan bahwa pria maupun wanita yang mengonsumsi kopi secara teratur dapat terhindar dari resiko asam urat. Wanita yang meminum lebih dari empat cangkir kopi per hari mempunyai resiko 57% lebih rendah untuk terkena asam urat, sedangkan pria yang meminum 4-5 cangkir kopi per hari resikonya bakal turun hingga 40%.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker
Menurut penelitian, pria yang minum kopi secara rutin beresiko lebih rendah untuk terkena kanker prostat. Sementara itu, penelitian lain menunjukkan bahwa wanita yang meminum empat atau lebih cangkir kopi setiap hari punya resiko 25% lebih rendah untuk terserang kanker endometrium dibandingkan mereka yang mengonsumsinya kurang dari satu cangkir per hari.

Menurunkan Resiko Alzheimer
Di samping memberi dorongan pada aktifitas otak dan memori, meminum kopi secara teratur bermanfaat untuk mencegah penurunan kognitif yang berkaitan dengan penyakit Alzheimer. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa meneguk 3-5 cangkir kopi per hari bisa menurunkan resiko terkena Alzheimer hingga 65%.

Meski ada banyak manfaat minum kopi setiap hari, kamu nggak boleh lantas memaksakan diri buat mengonsumsi minuman tersebut. Apalagi buat kamu yang nggak terbiasa minum kopi dan mengalami efek samping, seperti nyeri ulu hati, gangguan pencernaan hingga peningkatan denyut jantung serta tekanan darah.

0 Response to "Manfaat Minum Kopi Setiap Hari Bisa Lawan Alzheimer"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.