Kinerja Jantung Rusak karena Mengkonsumsi Gula Terlalu Sering


Kinerja Jantung Rusak karena Mengkonsumsi Gula Terlalu Sering
Sakit di Bagian Dada
Memosaqee - Siapa,  sih, yang nggak suka nyemilin sesuatu yang manis-manis? Kamu pun pasti setuju kalau makanan dan minuman manis, seperti cokelat, es krim, puding serta boba bisa bikin air liur menetes. Tapi, tahukah kamu jika Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula bisa berdampak buruk bagi kesehatan?
Bahkan, John Yudkin, ahli nutrisi dari London, pada awal 1957 memperdebatkan asal-muasal penyakit kronis. Dan ternyata diketahui bahwa gula adalah pemicu utamanya. Lalu, apa saja bahaya Mengkonsumsi gula terlalu sering yang bisa saja mengintai kamu?

Bahaya Mengkonsumsi Gula Berlebihan
Gula memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya mengatasi stress. Nggak heran, karena ketika stress melanda, kamu biasanya tertarik untuk makan makanan yang manis-manis, bukan? Menurut penelitian, gula ternyata mengandung hormon dopamin yang bisa memicu rasa bahagia serta mengurangi stress. Diketahui pula jika orang yang suka Mengkonsumsi makanan dan minuman manis punya hormon kortisol yang rendah.
Tapi, mengutip FDA (Business, Food and Drug Administration) Amerika Serikat, kamu hanya boleh Mengkonsumsi 50 gram gula per hari atau sekitar empat sendok makan. Ketika Mengkonsumsi gula, tubuh kamu akan memperoleh zat glukosa. Nah, zat tersebut akan disimpan sebagai energi cadangan dalam tubuh. Apabila asupannya tidak dibatasi, akan ada dampak burunya bagi kesehatan, antara lain:
Merusak Gigi
Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih bisa mengakibatkan karies gigi. Kondisi itu dapat terjadi karena bakteri yang bersarang di mulut mencerna sisa-sisa karbohidrat dari sesuatu yang kamu telan. Bakteri tersebut bakal membusuk dan memproduksi asam yang mampu merusak enamel gigi.

Menyebabkan Hipertensi
Mungkin selama ini kamu hanya tahu bahwa makanan asin lah yang bisa memicu tekanan darah tinggi. Padahal, sebenarnya makanan yang mengandung gula juga punya efek serupa. Bahkan, menurut penelitian, Mengkonsumsi lebih dari 74 gram gula per hari dapat meningkatkan resiko hipertensi, loh!

Memicu Resistensi Insulin
Banyaknya gula yang kamu konsumsi mempengaruhi produksi insulin, hormon yang dihasilkan oleh organ pankreas untuk membantu mengubah makanan menjadi energi. Apabila sel otot, hati dan lemak tidak bisa menggunakan insulin dengan baik, pankreas akan bekerja lebih keras untuk memproduksi insulin supaya glukosa bisa digunakan sebagai energi.
Kondisi ini disebut dengan resistensi insulin. Gejala yang ditimbulkan, yaitu kelelahan, kelaparan, tekanan darah tinggi serta kabut otak. Jika tidak segera diatasi, resistensi insulin lama-lama dapat berkembang menjadi diabetes tipe 2.

Meningkatkan Resiko Diabetes
Berkaitan dengan bahaya Mengkonsumsi gula terlalu sering yang sebelumnya, nih. Kamu yang hobi makan cokelat, minum soda dan semua jenis makanan atau minuman dengan kandungan gula tinggi bisa beresiko mengalami diabetes.
Penyakit ini dapat terjadi ketika kadar gula dalam darahmu tinggi akibat tubuh tidak mampu menggunakan glukosa menjadi energi. Glukosa tersebut tidak bisa diubah karena kadar insulin dalam tubuh tidak cukup atau sel tubuh tidak bereaksi terhadap hormon itu.

Mengalami Obesitas
Penyebab utama dari kondisi ini adalah menumpuknya lemak di dalam tubuh. Lemak tersebut bisa berasal dari asupan gula yang berlebihan. Dilansir dari Huffington Post, sebuah studi menyebutkan bahwa kelebihan asupan fruktosa, jenis gula paling sederhana, dapat menyebabkan matangnya sel lemak visceral yang memicu peningkatan lemak di perut.
Jika kamu tidak membatasi gula mulai dari sekarang, obesitas bakal lebih parah, bahkan menjadi awal kemunculan berbagai penyakit, termasuk diabetes dan stroke.

Mengganggu Kinerja Jantung
Mengkonsumsi gula dalam jumlah banyak bisa mengganggu kinerja beberapa organ tubuh, salah satunya jantung. Pernyataan ini diperkuat oleh penelitian yang diterbitkan pada Journal of American Heart Association.
Kelebihan asupan gula bakal menghalangi tugas jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Sebab, molekul dalam gula, yakni glukosa 6-fosfat, dapat mengakibatkan perubahan protein otot jantung. Jika dibiarkan, resiko untuk mengalami gagal jantung bisa meningkat.

Menyebabkan Kerusakan Hati
Gula yang masuk ke aliran darah melalui saluran pencernaan bakal dipecah jadi glukosa dan fruktosa. Fruktosa sendiri tidak diproduksi tubuh dalam jumlah yang signifikan. Sebab, emang nggak terlalu dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, asupan gula yang yang terlalu banyak bisa membuat tubuhmu kelebihan fruktosa.
Kondisi itu mengakibatkan hati terbebani dan memicu hepatic steatosis, yaitu penumpukan lemak pada organ tersebut.

Memicu Kanker Pankreas
Beberapa penelitian menemukan bahwa ada hubungan antara gula dengan kanker pankreas. Sebab, konsumsi gula yang berlebihan bisa memicu obesitas dan diabetes, yang mana bisa meningkatkan resiko seseorang terkena kanker pankreas. Diperkuat oleh studi yang diterbitkan pada Journal of National Cancer Institute, bahwa sebagian besar penderita kanker pankreas diketahui telah lebih dulu mengalami diabetes.

Mengalami Asam Urat
Faktor utama yang menyebabkan seseorang terkena asam urat adalah makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti daging serta ikan asin. Tapi, kondisi tersebut juga bisa terjadi karena metabolisme gula. Asam urat yang dipicu oleh gula biasanya berasal dari konsumsi soft drink atau minuman ringan, seperti soda.
Tak sesuai dengan cita rasa yang ditimbulkan, gula ternyata memiliki efek yang negatif bagi kesehatan apabila konsumsinya berlebihan. Beragam masalah kesehatan juga turut mengintai, berbarengan dengan semakin terbiasanya kamu Mengkonsumsi gula. Maka dari itu, kontrol asupan gula harianmu. Jangan sampai bahaya Mengkonsumsi gula terlalu sering di atas menyerang kamu, ya!

Demikian informasi Kesehatan mengenai Mengkonsumsi Gula Terlalu Sering dann dampaknya terhadap organ penting dalam tubuh anda, Stop jangan diteruskan konsumsi gula berlebih ini.

0 Response to "Kinerja Jantung Rusak karena Mengkonsumsi Gula Terlalu Sering"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.