Ketahui Makanan Penghambat Penyerapan Kalsium Anda Sekarang Juga

Ketahui Makanan Penghambat Penyerapan Kalsium Anda Sekarang Juga
Ilustrasi : Memikirkan Sesuatu
Memosaqee - Setiap harinya, manusia membutuhkan kalsium sebanyak 100-1.000 mg untuk mendukung pertumbuhan tulang mereka. Itu berlaku bagi pria dan wanita yang ada di rentang usia 19-80 tahun ke atas, ya. Nah, untuk mencukupi kebutuhan tersebut, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium.

Tapi, absorbsi kalsium dalam tubuh nggak selamanya mulus, loh. Salah satu penyebabnya adalah makanan penghambat penyerapan kalsium. Apa saja kah?

Pentingnya Kalsium Bagi Tubuh
Kalsium adalah mineral makro yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk pembentukan tulang dan gigi. Nggak cuma itu, kalsium juga membantu relaksasi otot, pembekuan darah serta mendukung fungsi syaraf. Kekurangan kalsium bisa bikin kamu mengalami gangguan tulang, seperti kelainan tulang (tulang berbentuk X atau O), rakhitis hingga osteoporosis.
Baca Juga :
Kalsium bisa diperoleh dari bayam, sawi serta susu dan produk olahannya, seperti yoghurt dan keju. Bila makanan yang kamu konsumsi tidak memenuhi jumlah kalsium yang dibutuhkan, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang kamu. Lama kelamaan, tulang bakal kekurangan kalsium dan resiko terkena penyakit tulang makin tinggi.

Makanan yang Bisa Menghambat Penyerapan Kalsium
Kamu merasa sudah mencukupi kebutuhan kalsium, tapi tubuh merasa sebaliknya? Bisa jadi kamu mengonsumsi makanan penghambat penyerapan kalsium. Kenali, yuk makanan apa saja yang mempengaruhi absorbsi kalsium dalam tubuhmu!

Makanan dengan Kandungan Asam Oksalat
Asam oksalat banyak dijumpai pada buah dan sayuran hijau, salah satunya bayam. Senyawa ini dapat mengganggu proses penyerapan kalsium. Ia akan membentuk kompleks dengan kalsium, sehingga penyerapannya ke dalam tubuh menjadi susah. Asam oksalat sendiri bisa larut dalam air, sedangkan kalsium sebaliknya, tapi ia larut dalam asam.

Meskipun bayam dan sayuran hijau lainnya mengandung asam oksalat, yang mana bisa menghambat penyerapan kalsium, bukan berarti kamu harus membatasi konsumsinya. Agar manfaat kalsium dari sayuran tersebut bisa diperoleh dengan maksimal, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, misalnya buah jeruk.

Makanan yang Mengandung Asam Fitat
Senyawa yang banyak terdapat pada gandum, kacang-kacangan, biji-bijian dan polong-polongan ini termasuk kuat. Jika terkonsumsi, asam fitat bakal mengikat mineral penting, salah satunya kalsium. Sehingga, ketersediaannya untuk diserap oleh tubuh jadi berkurang.

Sama dengan asam oksalat, cara asam fitat untuk menghambat penyerapan kalsium adalah dengan membentuk kompleks yang tidak larut. Selain kalsium, senyawa tersebut juga mengganggu penyerapan mineral lainnya, seperti zat besi, zinc, magnesium dan tembaga.

Makanan yang Tinggi Serat
Walaupun sangat baik untuk sistem pencernaan, makanan berserat bisa mempengaruhi absorbsi kalsium, loh! Makanan tinggi serat, seperti gandum, kacang-kacangan dan apel dapat menghambat penyerapan kalsium dari makanan lain yang kamu konsumsi.

Sekali lagi, bukan berarti kamu nggak boleh membatasi konsumsinya, ya! Kamu tetap bisa memperoleh manfaat keduanya, kok, asal nggak dimakan secara bersamaan. Misal, kamu minum susu. Nah, beberapa jam kemudian, barulah boleh makan apel, roti gandum dan sebagainya.

Makanan dengan Kandungan Phytates
Phytates menjadi makanan penghambat penyerapan kalsium berikutnya. Zat yang terkandung dalam jagung, kentang, oat, gandum hitam, brokoli dan strawberry ini mengikat kalsium di usus, sehingga tidak dapat masuk ke dalam aliran darah.

Tapi, kalau dimasak terlebih dulu, kadar phytates dalam makanan-makanan tersebut bakal berkurang dan resiko terganggunya absorbsi kalsium pun menurun. Jadi, oat yang diseduh atau kentang yang direbus sebelum dikonsumsi lebih aman untuk penyerapan kalsium.

Makanan yang Tinggi Akan Protein dan Fosfor
Protein dibutuhkan tubuh untuk mendukung perbaikan sel-sel yang rusak. Namun, di sisi lain, zat tersebut menyebabkan kalsium lebih cepat keluar dari tubuh melalui urine. Dilansir dari American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan protein dan fosfor bisa membuat kalsium dalam tubuh terkuras habis.

Kondisi ini bisa mengakibatkan hiperkalsiura, yakni kelebihan kadar kalsium dalam air kencing, yang memicu penipisan tulang. Kamu bakal rentan mengalami patah tulang hingga osteoporosis.

Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein
Kafein merupakan zat yang terdapat pada akar, daun serta buah dari tanaman kopi, cokelat dan teh. Mengonsumsi kafein secara berlebihan dapat mengurangi kepadatan tulang dan mempertinggi resiko patah tulang. Tapi, efek tersebut hanya terjadi pada orang yang kurang asupan kalsium.

Seorang pakar osteoporosis dari Creighton University, dr. Robert Heaney, menyarankan untuk mengurangi asupan kafein secara perlahan, baik dari makanan ataupun minuman. Kamu juga bisa menambahkan susu tinggi kalsium supaya kalsium yang hilang dapat digantikan.
Kekurangan kalsium bisa membuatmu rentan terkena penyakit tulang. Maka dari itu, perhatikan makanan apa saja yang kamu konsumsi. Sebab, di antaranya ada beberapa makanan penghambat penyerapan kalsium. Jangan biarkan makanan-makanan tersebut membuat kalsium yang terserap tubuh berkurang atau bahkan hilang. Beri jeda ketika mengonsumsinya, ya!

0 Response to "Ketahui Makanan Penghambat Penyerapan Kalsium Anda Sekarang Juga"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.