Depresi Akibat Terlalu Eksis di Sosial Media



Memo Sehat Saqee - Di era modern seperti sekarang, hampir semua orang punya setidaknya satu akun di media sosial. Menurut data statistik APJII atau Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, pengguna internet di negara kita pada akhir tahun 2014 mencapai 88,1 juta orang, di mana mayoritas dari mereka adalah perempuan.
Depresi Akibat Terlalu Eksis di Sosial Media
Ilustrasi Depresi Seorang Wanita
Kelihatannya, sosial media emang membawa banyak manfaat bagi sebagian besar orang, terutama memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dan mengakses informasi. Tapi, di balik itu, jika digunakan secara berlebihan justru mendatangkan dampak negatif. Yuk, simak apa saja efek buruk terlalu eksis di sosial media bagi perempuan!

Bikin Kamu Kecanduan
Sosial media emang mampu memberi kenyamanan serta meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Sehingga, seringkali beberapa dari kamu nggak bisa lepas dari gadget karena ingin terus bertukar informasi atau sekadar memantau apa saja yang terjadi di akun sosial mediamu.
Tapi, sadar atau enggak, sosial media bikin kamu jadi ketergantungan. Gejalanya, yaitu kamu nggak bisa jauh dari gadget, jari-jarimu terasa gatal kalau nggak swipe layar ponsel atau mengetik sesuatu di keyboard laptop hingga susah untuk menon-aktifkan gadget.

Buat kamu yang terlalu eksis di sosial media mungkin bakal merasa ada yang kurang bila tidak update status, berkomentar di postingan teman atau meng-upload foto. Ini sebenarnya nggak baik, loh! Kamu harus segera membatasi pengguaannya supaya tidak mengalami ketergantungan yang bisa mengganggu kehidupanmu di real life.

Menyebabkan Mood Mudah Berubah
Sulit bagi pengguna sosial media untuk mengatur informasi apa saja yang beredar di timeline mereka. Sebab, ada banyak hal yang berseliweran di sana, mulai dari yang positif, seperti hiburan, berita bahagia dan semacamnya hingga yang negatif, seperti kekerasan.



Tanpa disadari, informasi yang kamu dapatkan via sosial media bisa mengubah mood. Kamu bisa saja yang awalnya gembira, tiba-tiba jadi kesal atau sedih karena melihat postingan tertentu. Apalagi, sekarang banyak sekali berita negatif di sosial media yang dapat memancing emosi.

Guna mencegah hal itu, buang akun-akun negatif yang cuma bikin suasana hatimu rusak. Perbanyak ikuti akun yang men-share informasi yang bermanfaat dan membuat moodmu lebih baik.

Meningkatkan Kecemburuan Sosial
Efek buruk terlalu eksis di sosial media bagi perempuan ini berhubungan dengan poin sebelumnya. Keberadaan sosial media bikin seseorang jadi terlalu kepo atau ingin tahu tentang kehidupan orang lain. Apalagi sekarang banyak yang menjadikan sosial media sebagai ajang untuk pamer. Hal itu lama-lama dapat memancing kecemburuan sosial, loh!
Ketika kamu membuka timeline, tiba-tiba muncul foto temanmu yang sedang liburan ke luar negeri atau menunjukkan koleksi barang berharganya. Tentu hal tersebut membuat beberapa dari kamu merasa iri, bukan? Ditambah kalau banyak yang berkomentar di foto mereka, sedangkan pada postinganmu, tidak ada satu pun komentar. Secara nggak langsung, kondisi itu bisa merubah suasana hatimu.

University of British Columbia telah melakukan penelitian terhadap 1.100 pengguna Facebook dan hasilnya, ada banyak reaksi negatif yang dikeluarkan akibat rasa iri. Mulai dari rasa benci yang berkelanjutan hingga menyakiti diri sendiri atau orang lain.

Mempertinggi Resiko Depresi
Terlalu eksis di sosial media dapat meningkatkan depresi pada seseorang. Kenapa bisa begitu? Informasi di sosial media sangat up-to-date, sehingga nggak sedikit dari penggunanya yang ingin mengetahui informasi tersebut lebih dulu dibanding orang lain. Ketinggalan berita terbaru seringkali bikin rasa percaya diri mereka menurun hingga akhirnya menyebabkan depresi.
Selain hal itu, sebenarnya terdapat banyak faktor yang memicu stress atau depresi pada pengguna sosial media. Di antaranya, koneksi tidak lancar ketika sedang dibutuhkan untuk mengakses informasi, website yang hendak dikunjungi susah dibuka dan saat halaman website tertutup akibat baterai gadget habis.
Rasa iri hati yang timbul karena merasa kalah cantik, kalah menarik atau kalah sukses dari teman sesama pengguna sosial media juga bisa meningkatkan perasaan depresi, loh!

Sudah tahu, kan, efek buruk terlalu eksis di sosial media bagi perempuan? Meski kedengarannya sepele, kondisi-konsisi di atas bisa berdampak banyak bagi kehidupanmu, loh! Oleh karena itu, batasi penggunaan sosial media. Beri waktu bagi diri sendiri untuk beristirahat. Kamu juga bisa beralih ke media konvensional sesekali untuk mencari tahu informasi terbaru.


0 Response to "Depresi Akibat Terlalu Eksis di Sosial Media"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.