Waspada! Buta Warna Akibat Sering Bermain Gadget dalam Gelap

Buta Warna Akibat Sering Bermain Gadget dalam Gelap
Wanita dibalik Bayangan
Memosaqee - Kamu yang hobi bermain gadget di tempat gelap patut waspada. Pasalnya, ada berbagai efek buruk yang mengiringi kebiasaan tersebut. Salah satunya mata menjadi rusak hingga beresiko mengalami kebutaan seperti kisah seorang wanita asal China yang menderita glaukoma akibat kecanduan main game online di smartphone.

Bagaimana ceritanya sampai wanita yang identitasnya dirahasiakan itu terkena dampak negatif bermain gadget dalam gelap?

Kisah Wanita yang Nyaris Buta Karena Bermain Gadget di Tempat Gelap

Ketagihan bermain game di tempat gelap buat wanita asal Negeri Tirai Bambu ini nyaris buta. Menurut World of Buzz, hampir setiap malam sebelum tidur wanita berusia 29 tahun itu mabar dengan teman-temannya. Awalnya, ia cuma berniat ikut sekali permainan sebelum tidur. Tapi, ketika teamnya kalah, ia diminta untuk ikut bermain lagi oleh teman-temannya. Lama-lama, ia jadi ketagihan bermain game.
Baca Juga :
Bahkan, ia bisa bermain sampai dini hari, yakni pukul 02.00-03.00 pagi. Hingga suatu hari, saat bangun tidur ia merasakan sakit yang luar biasa begitu membuka mata. Kejadian itu membuatnya ketakutan dan kapok bermain game tanpa batas waktu. Ia pun mengurangi kebiasaannya tersebut selama beberapa hari dan mengompres matanya dengan air hangat.

Akan tetapi, kondisinya makin parah. Tiba-tiba mata kanannya merah padam hingga ke area yang berwarna putih. Setelah memeriksakan diri ke dokter, ia didiagnosa mengalami glaukoma atau kerusakan syaraf akibat tekanan pada bola mata yang menyebabkan terjadinya gangguan penglihataan. Diketahui glaukoma yang dideritanya dipicu oleh kekeringan mata karena paparan blue light dari layar ponsel.

Dampak Negatif Main Gadget di Tempat Gelap
Tentu kamu tahu bahwa bermain gadget di ruangan yang gelap sangatlah tidak baik, terutama untuk kesehatan mata. Jika dilakukan dalam waktu lama, kebiasaan itu bisa bikin mata kamu bengkak, lelah dan rentan mengalami kekeringan. Dalam kondisi gelap, blue light yang dipancarkan layar ponsel akan makin tajam.

Akibatnya, otot ciliary yang berperan dalam mengatur fokus serta bentuk lensa bekerja lebih ekstra dan menegang. Sehingga menyebabkan syaraf optik rusak. Di waktu yang sama, pasokan darah ke mata juga terhambat. Itu mengakibatkan meningkatnya tekanan cairan dan memicu glaukoma hingga buta permanen. Ngeri juga, ya?

Nah, selain glaukoma, terdapat beberapa dampak negatif bermain gadget dalam gelap yang perlu kamu ketahui, antara lain:

Bikin Susah Tidur
Pancaran blue light atau sinar biru dari layar ponsel dapat menekan produksi Melatonin, yakni hormon yang menyebabkan rasa kantuk. Sehingga, keinginanmu untuk tidur jadi berkurang. Selain itu, blue light juga bisa membuat otak memberi perintah kepada tubuh untuk tetap aktif. Akhirnya, jam tidurmu jadi terganggu. Awas! Kurang tidur dapat mempertinggi resiko berbagai penyakit berbahaya, loh, beberapa di antaranya adalah stroke dan serangan jantung.

Mengakibatkan Kerusakan Pada Retina Mata
Layar ponsel memancarkan blue light yang dikategorikan sebagai HEV atau High Energy Visible Light. HEV adalah sinar yang punya gelombang relatif pendek, namun dapat berubah menjadi energi tingkat tinggi. Paparan blue light secara langsung bisa menembus bagian luar hingga dalam mata. Sehingga, menimbulkan dampak jangka panjang, seperti kerusakan retina mata. Di samping itu, ada bahaya lain yang mengintai, di antaranya Degenerasi Makula dan katarak.

Menyebabkan Otak Menjadi Lelah
Kondisi ini bisa terjadi apabila kamu keseringan bermain gadget, bahkan sampai lupa waktu dan istirahat. Saat tubuh tidak memperoleh istirahat yang cukup, konektifitas neuron pada sistem otak yang memberi perintah ke berbagai fungsi tubuh alias hippocampus melemah. Akibatnya, daya ingat serta fungsi kognitif otak kamu menurun. Otak yang lelah membuat kamu kesulitan menjalankan aktifitas, terutama belajar dan bekerja.

Beresiko Mengalami Obesitas
Dampak negatif bermain gadget dalam gelap yang satu ini masih berhubungan dengan poin pertama. Bila jam tidur kamu berkurang, hormon dalam tubuhmu yang berfungsi untuk mengontrol rasa lapar, yakni leptin dan ghrelin, akan terganggu. Sebab, semakin sering kamu begadang, hormon itu bakal terus berusaha ngasih sinyal untuk menambah energi. Nah, hal ini lah yang bikin kamu punya kebiasaan makan di jam malam yang justru bisa menyebabkan obesitas.

Meningkatkan Resiko Terkena Kanker

Terlalu sering menatap layar gadget dalam gelap bisa meningkatkan resiko kanker. Menurut penelitian, 17% wanita rentan mengalami kanker payudara karena paparan blue light membuat produksi hormon yang bertugas “mengistirahatkan” sel-sel kanker menurun. Blue light juga meningkatkan produksi hormon estrogen yang menjadi pemicu kanker payudara.

Mempertinggi Resiko Depresi
Seperti yang telah disampaikan, bahwa kurang tidur akibat paparan blue light bisa mengganggu kinerja hormon melatonin yang membuat seseorang jadi susah tidur. Hal itu dapat mempengaruhi amigdala, yaitu bagian otak yang berperan dalam mengatur emosi. Sehingga, orang yang kurang tidur bakal rentan mengalami depresi.

Mulai sekarang, batasi penggunaan smartphone, apalagi di ruangan gelap. Pakai ketika butuh saja supaya tidak bikin kamu kecanduan dan justru mengganggu kesehatan tubuh. Jangan biarkan dampak negatif bermain gadget dalam gelap di atas mengintaimu!

0 Response to "Waspada! Buta Warna Akibat Sering Bermain Gadget dalam Gelap"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.