12 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Baik dan Benar

12 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Baik dan Benar
Ilustrasi : Dokter Gigi dan Pasien
Memosaqee - Kanker mulut, merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan dari Kesehatan Gigi dan Mulut yang tidak kita jaga. Selian dari penyakit berbahaya tersebut, ada beberapa penyakit lainnya yang tentunya jangan sampai anda alami. Salah satu contoh lain adalah Penyakit Gusi (gingivitis).

Seperti apakah Penyakit Gusi ini?
Baca Juga :
▪ Pola Hidup yang Wajib Dicoba
▪ Makanan Kalsium Tinggi Membantu Pertumbuhan
▪ Mulai Lakukan "Healty Eating" saat di Rumah Saja
▪ Jarang diketahui Khasiat dari Kebiasaan Ini
▪ Sering Dikonsumsi namun Tidak Tahu Manfaatnya
▪ Jangan Asal Gaya, ketahui dulu ini baru boleh Gaya
Gusi anda akan mudah berdarah dikarenakan kondisi dinding gusi membengkak dan biasanya gusi anda bisa terinfeksi akibat plak yang menumpuk di sela gigi dan gusi. Selain itu juga, anda bisa saja mengalami mulut kering dan bahkan gigi berlubang, biasanya penyakit ini yang sering banyak dialami oleh orang pada umumnya.

Nah, sudah tergambar kan oleh anda semua bahayanya dari tidak menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut ini?

Oke, jangan khawatir karena pada artikel ini saya akan memberikan anda informasi tentang 12 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, diantaranya :


Rutin Sikat Gigi dengan Baik dan Benar,
Apa susahnya sikat gigi 2 kali sehari? Gampang, bukan?
12 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Baik dan Benar
Ilustrasi : Mengajarkan Sikat Gigi yang Baik dan Benar
Gunakan Sikat gigi yang berbulu Halus agar tidak melukai Gusi anda, jangan sampai gusi anda berdarah. Karena hal ini akan menyebabkan infeksi pada Gusi. Hal ini justru tidak baik bagi kesehatan Gigi dan Mulut Anda.


Gunakan Pasta Gigi Berfluoride,
Apa sih fungsinya?
12 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Baik dan Benar
Pasta Gigi Berfluoride

Bagi anda yang sudah tahu, fluoride berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada mulut yang berbahaya, membantu memperlambat hilangnya mineral pada lapisan terluar gigi, serta membantu lapisan terluar gigi kembali kuat.


Gantilah Sikat Gigi Anda,
Sudahkah anda mengganti Sikat Gigi Anda?
Sikat Gigi
Haha... Saya yakin masih banyak yang belum mengganti sikat gigi lebih dari setahun, enam bulan, bahkan tiga bulan. Ya, saya yakin itu, karena kebiasaan yang membiarkan Sikat Gigi ini terus digunakan sampai bulu sikatnya sudah melebar, atau baru diganti setelah hilang saja.

Mulai dari sekarang mulai lah peduli dengan mengganti sikat gigi anda yah, Karena Kesehatan Gigi dan Mulut sangat penting.


Perhatikan Teknik Menggosok Gigi,
Bagaimana sih teknik Menggosok Gigi yang Baik dan Benar itu?
12 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Baik dan Benar
Ilustrasi : Teknik Menggosok Gigi - Sikat Gigi
Pernahkah anda menggosok gigi sambil tidur?

Sebagian kecil saya yakin pasti ada yang pernah.
Hal inilah yang justru banyak terjadi, terkadang ada yang menggosok gigi asal - asalan. Asal kelar, asal Segar.

Mulai dari sekarang, sudahi kebiasaan buruk ini, jangan asal kelar, asal segar yah.

Gosoklan gigi secara perlahan dan jangan sampai ada yang terlewat, baik bagian luar atau pun dalam permukaan gigi.

Bersihkan Permukaan Lidah
Hai lidah tidak bertulang, ketahuilah bahwa lidah harus selalu bersih agar Kesehatan Gigi dan Mulut ini bisa tetap sehat dan terawat.
12 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Baik dan Benar
Sikat Lidah
Membersihkan lidah, pada permukaan lidah lebih tepatnya setiap hari akan membuat mulut lebih segar, terutama dalam menjaga kesehatan dan gigi anda.

Bakteri dan sisa-sisa makanan dalam lidah harus segera anda bersihkan demi kenyaman anda juga dan menjaga kesehatan Gigi dan Mulut tentunya. Anda bisa menggunakan sikat gigi atau pun dengan alat pembersih lidah yang sudah tersedia dan kini mudah didapatkan.

Berkumur dengan Mouthwash ( Obat Kumur )
Sebisa mungkin carilah obat kumur yang sedikit mengandung alkohol ata bagusnya tanpa alkohol, karena akan menjauhkan anda dari efek buruk zat kimi berbahaya tersebut.

Berkumur dengan obat kumur dapat menghilangkan sisa makanan yang berukuran mikro partikel yang ada pada mulut.

Menguyah Kemangi,
Inilah bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan Gigi dan Mulut,

Mengunyah kemangi merupakan salah satu cara alami yang bisa anda lakukan saat ini, walau pun zaman sudah serba modern namun khasiat dan kegunaan dari mengunyah kemangi tidak bisa anda lupakan begitu saja.

Ingat yah, mengunyah. Bukan menelan. Jangan lupa kumur-kumur dengan air bersih, bisa juga dengan air garam.

Floss (benang) Gigi,
Gunakan benang gigi yang sudah disediakan di apotek perlengkapan perawatan gigi.

Kegiatan ini adalah Flossing yang mana anda membersihkan gigi dengan benang diantara sela-sela gigi. Namun, lakukanlah dengan hati - hati yah, jangan sampai anda melukai gusi anda atau bahkan sampai menimbulkan luka lain di mulut anda.


Hindari Makanan yang Bersifat Asam,
Sifat asam pada makanan akan membuat Gigi menjadi lebih mudah rapuh, yang sering terjadi adalah menipisnya lapisan gigi anda akibat zat asam makanan yang kuat, sebaiknya anda menghindari ini.

Konsumsi Makanan Sehat
Hindari makanan dengan tambahan gula, masih banyak yang mengkonsumsi makanan dengan tambahan gula tentunya. Nah, mulai sekarang bagi anda yang sudah tahu pentingnya menjaga kesehatan Gigi dan Mulut, STOP makan makanan dengan tambahan Gula, apalagi dengan Gula berlebih. Tidak baik untuk kesehatan.


▪ STOP Merokok, Jauhi Alkohol dan Kafein,
Hai Adam, mulailah berhenti Merokok untuk kesehatan diri sendiri anda saat ini, mulailah tinggalkan Minuman Beralkohol dan kurangi Minuman yang berkafein tinggi. Jangan lakukan ini untuk orang menyenangkan diri sejenak, tapi ingatlah bahwa tindakan anda tidak sehat bagi kesehatan Gigi dan Mulut anda, terutama bagi kesehatan tubuh anda.


 Kunjungi Dokter Gigi
Pemeriksakanlah gigi anda pada Dokter Gigi Kepercayaan anda atau Dokter Gigi terdekat di rumah Anda.

Memeriksakan Gigi kepada Dokter Gigi bisa anda lakukan Secara Teratur, yakni bisa 2 kali dalam setahun, atau setiap 6 bulan sekali anda bisa memeriksakan Gigi anda. 

Itulah 12 cara menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang bisa anda lakukan saat ini juga, bagi yang belum pernah pergi ke Dokter Gigi, silahkan anda jadwalkan untuk berkonsultasi dengan Dokter Gigi anda, terserah anda, anda mau pergi ke Dokter Gigi terdekat dari rumah anda atau sudah memiliki saran dokter gigi yang baik menurut rekomendasi teman anda. Silahkan kunjungi dokter gigi sekarang juga yah.

Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda dan mulai terbuka dengan bagaimana cara menjaga kesehatan gigi yang baik dan benar.

0 Response to "12 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.