Ngantuk Setelah Makan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya.


taken from Pixabay.com

Memo Sehat Saqee - Makan seharusnya bisa memperbarui energi tubuh. Tapi, nggak sedikit, loh, yang justru merasa ngantuk sehabis makan. Yang berbahaya adalah bila hal itu terjadi saat kamu masih di kantor. Padahal, setelahnya banyak kegiatan serta tugas yang harus diselesaikan.
Jika tubuh kamu nggak terjaga dan fokus, pekerjaan tersebut nggak bakal selesai tepat waktu. Yang ada kamu malah diomelin atasan! Gimana, ya, cara mengatasinya? Ada kah tips mencegah rasa kantuk sesudah makan yang benar-benar ampuh?

Tips Mencegah Rasa Ngantuk Setelah Makan

Kerap merasa ngantuk dan tubuh seakan-akan nggak bertenaga setelah makan? Kondisi ini dikenal dengan istilah food coma. Salah satu penyebabnya adalah indeks glikemik yang tinggi pada menu makanmu yang dapat mendorong peningkatan insulin.

Meningkatnya hormon insulin membuat asam amino tryptophan masuk ke dalam otak dan kemudian dikonversi menjadi serotonin yang kerap dikait-kaitkan dengan timbulnya rasa kantuk.

Selain itu, rasa kantuk sehabis makan juga dapat disebabkan oleh proses yang terjadi pada saluran cerna. Ketika makanan sampai ke usus, tubuh akan mengaktifkan susunan syaraf pada saluran cerna sebagai respon. Kondisi itu membuat sirkulasi darah ke otak mengalami penurunan. Kamu pun jadi kurang berkonsentrasi dan lebih mudah mengantuk setelah makan.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah rasa kantuk sesudah makan yang dapat mengganggu aktifitas, di antaranya:

Kurangi Porsi Makanmu
Rasa ngantuk dan lemas yang muncul setelah makan biasanya terjadi akibat tubuhmu kesulitan buat mencerna makanan dalam porsi besar. Jadi, kurangilah porsi makanmu yang awalnya sepiring penuh, tinggal sepertiganya saja. Lebih baik makan dengan porsi sedikit, tapi sering, daripada sekali makan langsung banyak.

Selain itu, kadar gula darah yang rendah juga bisa bikin kamu mengantuk. Oleh karenanya, usahakan perut kamu nggak kosong lebih dari tiga jam supaya kadar gula dalam darahmu tetap seimbang.

Jangan Melewatkan Sarapan
Melupakan sarapan bisa menyebabkan rasa lapar menumpuk dan membuatmu lebih kalap ketika makan siang. Tadi telah disampaikan, bukan, apa yang terjadi apabila kamu menyantap makanan dalam porsi besar?
Selain itu, apa yang kamu konsumsi saat sarapan juga amat berpengaruh terhadap kinerja tubuh. Maka dari itu, jangan asal kenyang aja, pertimbangkan makanan yang bernutrisi, seperti sereal, yoghurt atau buah. Menyantap menu makanan yang kaya gizi bisa mencegah berkurangnya energi dan meningkatkan kinerja fisik maupun mental ketika beraktifitas.

Konsumsi Makanan yang Tinggi Protein dan Karbohidrat Kompleks
Untuk menghindari rasa kantuk sehabis makan, sebaiknya kamu mengganti menu makan siang dengan makanan yang dapat meningkatkan energi. Seperti makanan dengan protein tinggi berikut: telur, daging, kacang-kacangan dan keju. Makanan-makanan tersebut bisa menjaga kestabilan aliran gula darah, sehingga kamu pun nggak bakal ngantuk.

Jangan Mengonsumsi Makanan yang Tinggi Lemak dan Gula
Tips mencegah rasa kantuk sesudah makan yang selanjutnya adalah tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan pemanis buatan. Jenis makanan tersebut dapat memicu peningkatan kadar gula dalam darah secara drastis.

Lalu, tubuh memberi respon dengan melepaskan insulin, yaitu hormon yang berperan dalam merubah makanan menjadi energi. Nah, di waktu yang sama, otak juga mengeluarkan hormon serotonin dan melatonin yang bikin tubuhmu rileks serta cenderung mengantuk.

Ingat, gula emang bisa menambah energimu dengan cepat, tapi cuma berlangsung sementara. Kalau efeknya hilang, gula justru bisa bikin kamu merasa letih dan mengantuk.

Lakukan Olahraga Ringan Seusai Makan
Setelah makan, istirahatkan tubuhmu selama kurang lebih 15 menit. Waktu tersebut bisa dipergunakan oleh tubuhmu untuk mencerna makanan yang masuk. Abis itu, kamu dapat melakukan olahraga ringan, seperti jalan cepat atau push-up untuk meningkatkan pasokan oksigen dalam darah. Sehingga, energi dalam tubuhmu bakal bertambah.

Perbanyak Minum Air Putih
Dehidrasi adalah salah satu pemicu rasa kantuk seusai makan. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan air minum supaya organ-organ tubuhmu dapat berfungsi dengan baik, khususnya untuk mencerna makanan. Jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, kamu nggak hanya merasa ngantuk, tapi juga lelah dan sulit berkonsentrasi.
Rasa kantuk yang timbul setelah makan bisa mempengaruhi produktifitas kerjamu, loh! Nggak mau, kan, gagal menyelesaikan pekerjaan tepat waktu gara-gara ngantuk? Solusinya, kamu bisa menerapkan tips mencegah rasa kantuk sesudah makan di atas. Jangan lupa untuk melakukannya secara konsisten, ya!

0 Response to "Ngantuk Setelah Makan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya."

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel