20 Makanan Sumber Protein Tinggi Harian Anda

Memosaqee.com - (06/10) Sudahkah anda melengkapi asupan protein harian anda saat ini? Yuk cari tahu sumber Protein tinggi apa saja yang wajib dipenuhi sebagai Asupan Nutrisi harian Anda.

Pada kali ini, saya akan memberikan informasi terkait sumber makanan berprotein tinggi untuk asupan Protein harian Anda.

Ya, Protein. Protein merupakan nutrisi penting harian anda yang diperlukan tubuh untuk membentuk jaringan otot.

Tahukah kamu, bahwa seorang Atlet dan Binaragawan sangatlah penting memenuhi Asupan Protein hariannya untuk menambah Massa Otot Tubuh.

Fungsi lain dari protein adalah zat pengatur. Protein membantu mengatur hormon-hormon  dalam proses pencernaan. Protein memiliki peran dalam menjaga keseimbangan kimia dalam tubuh anda, untuk menjaga kesetabilan asam dan basa tubuh Anda.

Protein juga menjadi sumber makanan cadangan dalam tubuh anda dikala anda telah mengkonsim makanan tertentu, maka protein yang tersisa ditubuh anda menjadi cadangan makanan untuk diproses oleh tubuh anda.

Masih ingat pelajaran SMA kan?

Protein berdasarkan sumbernya, dibagi menjadi dua, yaitu protein nabati dan protein hewani.
Ya, berasal dari hewan dan juga tumbuhan.

Protein nabati dari tumbuhan sedangkan protein hewani berasal dari hewan. That is?

Asam amino jelas dimiliki Protein hewani yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh anda, terutama di anak anak dan juga remaja.

Makanan Populer yang sangat mudah dijumpai adalah aaging dan telur. 

Nah, selain dari daging dan telur, anda juga harus mengetahui maknan lain dengan Sumber Protein tinggi lainnya, yang bermanfaat untuk tubuh kita.

Jadi, ketahuilah 10 makanan sumber protein tinggi harian anda disini, yang pertama kita bahasa ialah :

1. Telur
20 Makanan Sumber Protein Tinggi Harian Anda
Telur - Makanan Sumber Protein Tinggi Harian Anda
Jangan pernah sepelekan makan Telur. Telur merupakan sumber protein dengan kandungan nutrisi terlengkap dan sangat mudah didapatkan, dimana pun itu. Telur memiliki nutrisi kandungan protein yang lebih besar dibandingkan makanan sumber protein lainnya.

2. Fillet Daging Ayam (White Meat)
Fillet Daging Ayam - Makanan Sumber Protein Tinggi Harian Anda
Fillet Daging Ayam - Makanan Sumber Protein Tinggi Harian Anda

Fillet daging ayam menjadi primadona olahan makanan berprotein tinggi untuk nutrisi harian anda, karena dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Yang jelas fillet ayam memiliki sumber protein tinggi untuk bisa anda konsumsi setiap harinya.

3. Ayam Potong bagian Dada Ayam (White Meat)
Berbeda dengan ayam fillet, potongan daging ayam pada bagian dada yang rendah lemak ini menyimpan protein tinggi yang bisa anda konsumsi sebagai kebutuhan protein harian anda.

4. Sirloin (Daging Sapi)
Daging Sapi yang berasal dari bagian belakang sapi. Sirloan ini tidak mengandung lemak sehingga bisa aman dikonsumsi bagi anda yang membutuhkan protein tinggi.

5. Segala Jenis Ikan Segar
Jelas Sekali, ikan menjadi sumber Protein tinggai lainnya yang dapat anda konsumsi agar bisa memenuhi nutrisi harian anda.

6. Udang Segar - Fresh Shrimp Salad
Yang lagi viral di IG - Fresh Shrimp Salad, makanan yang sedikit ekstrim dimana kita makan udang dalam keadaan hidup, Eits.. teang saja, udangnya juga kecil kecil kok jadi aman dimakan.

7. Susu Murni - Fresh Milk
Pernahkah anda minum susu segar langsung dari pemerah susunya? Bagaimana rasanya? Gurih dan segar kan, berani coba? Silahkan saja coba rasakan susu murni langsung dari pemerahnya,

8. Keong Mas
Menurut Dr Ir Sulistiono, MSc, Ketua Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) (harian Pelita, Jum’at,13/4), keong mas diketahui mengandung asam omega 3, 6 dan 9. Dari hasil uji proksimat, kandungan protein pada keong mas terbukti tinggi, yaitu berkisar antara 16 hingga 50 persen. Di beberapa daerah, keong mas diolah menjadi berbagai jenis masakan seperti sate, pepes, sambal keong, hingga kecap keong.


9. Kacang Kedelai
Kacang kedelai yang rendah lemak dan mengandung phytochemical seperti isoflavon, asam phytc dan saponin ini baik untuk mengurangi potensi terkena penyakit jantung, osteoporosis dan kanker. Kedelai mengandung 29 gram protein per cangkirnya.


10. Tahu
Tahu ini memiliki bahan dasar kacang kedelai yang kaya nutrisi, terutama protein bisa diolah menjadi berbagai kreasi masakan sesuai selera anda.


11. Fresh Yoghurt 
Kalsium tinggi dan protein dari yoghurt bisa membantu anda memenuhi nutrisi protein harian anda, juga sangat enak dimakan, apalagi yang ingin diet.

12. Kacang Almond
Protein nabati ini berasal dari kacang kacangan yang bisa anda konsumsi setiap harinya agar bisa memenuhi kebutuhan protein anda.


13. Kacang Polong
Masih dalam protein nabati, kacang polong, buncis atau kacang panjang mengandung serat dan protein tinggi.



14. Brokoli
Protein Nabati dari sayuran ini mengandung 5 gram protein dalam satu cangkir, juga serat, karbohidrat, vitamin dan mineral sehingga digolongkan sebagai sayur dengan nutrisi lengkap. Anda bisa menjadikannya salah satu pilihan bahan masakan sehari-hari.


15. Tempe
Makanan populer temannya tempe ini bisa anda dapatkan dimana saja dan yang jelas sangat dicari saat dihidangkan hangat hangat ya.

16. Keju
Sudah tidak diragukanlagi bahwa Keju menjadi sumber Protein tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda.

17. Bayam
Untuk memperoleh nutri yang cukup dengan protein tinggi dari sayuran bayam ini, anda bisa membuat maknan dengan menyajikan bayam sebagai olahan sayur bayam, tumis bayam atau hanya direbus saja.

18. Gandum
Gandum memang dikenal dengan kandungan karbo nya. Namun gandum juga memiliki protein yang cukup tinggi untuk bisa dikonsumsi setiap hari oleh anda.

19. Ikan Teri
Ikan Teri memiliki sumber protein tinggi, jika disandingankan dengan ikan segar lainnya, ikan teri memiliki alasan lainnya yang lebih mudah dipilih oleh masyarakat, yakni dengan harganya yang cukup murah dan menjadi sahabat makanan rakyat.

20. Sushi
Sushi ini memang makanan khas Jepang, namun ketahuilah bahwa didalam sushi terdapat nutrisi yang akan mencukupi kebutuhan protein anda.

Nah, begitulah informasi terkait makanan yang mengandung nutrisi Protein yang tinggi untuk bisa anda konsumsi setiap harinya,

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini kepada siapa pun yah. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

0 Response to "20 Makanan Sumber Protein Tinggi Harian Anda"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai isi dari artikel yang telah anda baca di blog ini.